Rahasia agar cabai berbuah lebat tanpa menggunakan pupuk khusus, hanya sedikit perlakuan sederhana, akan tetapi efeknya bisa menhasilkan buah cabai berkali libat jumlahnya.

Buah cabai memang merupakan kebutuhan pokok di dapur, karena tanpa cabai, apapun masakannya akan menghasilkan rasa yang kurang mantab.

Bertani cabai memang sedikit lebih sulit dibandingkan dengan bertani tanaman yang lain. Selain membutuhkan perawatan khusus, tanaman ini memiliki banyak jenis hama, mulai dari serangga, jamur, hingga beberapa jenis virus yang bisa merusak dan menghambat pertumbuhan tanaman tersebut.

Mungkin Anda tertarik membaca:

Sehingga untuk menghasilkan tanaman cabai yang tumbuh sehat dan berbuah lebat, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar menghasilkan tanaman yang sehat dan berbuah lebat, tapi dengan biaya yang lebih kecil, salah satunya adalah dengan bertani secara organik.

Pertanian organik merupakan sistem pertanian berkelanjutan, tidak hanya fokus pada nutrisi tanaman, akan tetapi melibatkan berbagai jenis komponen, yang berfokus pada pembenahan tanah dan mengembalikan keseimbangan ekosistem.

Selain menggunakan sistem pertanian yang lebih ramah lingkungan, dibutuhkan juga beberapa perlakuan khusus pada tanaman agar bisa menghasilkan hasil panen yang berlibat ganda.

Misalkan pada kasus tanaman cabai, ada cara sederhana yang bisa dilakukan agar cabai berbuah lebat, yakni dengan cara melakukan pruning pada tanaman cabai muda.

Dengan melakukan pemotongan pucuk pada tanaman cabai muda yang berumur 2-3 minggu, diharapkan bisa menumbuhkan banyak percabangan baru.

Dengan banyak cabang baru, maka secara otomatis, buah cabai yang dihasilkan juga akan semakin banyak.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah video dari channel youtube lombok organik.

Cara agar cabai berbuah lebat

Setelah tumbuh cabang baru, dan terdapat 3-5 helai daun pada cabang baru tersebut, bisa kembali dilakukan pruning pada pucuk percabangan cabai tersebut, agar dihasilkan lebih banyak percabangan lagi.

Dengan demikian, sekali panen buah cabai, bisa menghasilkan buah yang jauh lebih banyak dibandingkan tanaman cabai yang tidak diberikan perlakukan tersebut.

Demikian tips sederhana agar cabai berbuah lebat, silahkan dipraktikkan, semoga bisa mendapatkan hasil yang maksimal, semoga tulisan ini bermanfaat.

Kiral

Hobi dalam dunia pertanian dan peternakan, terutama yang dilakukan secara organik. Tidak ada pendidikan formal terkait pertanian, pernah menempuh pendidikan di jurusan teknik komputer. Menjadi web designer di Sasambo Design, dan sebagai penggagas berdirinya Lombok Organik