Air kelapa merupakan minuman favorit penghilang dahaga, selain karena rasanya yang segar, Air kelapa juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan Tubuh Anda.

Bagaimana dengan tanaman, apakah menyiram tanaman dengan air kelapa bisa membantu pertumbuhan suatu tanaman?

Air kelapa telah lama dikenal sebagai sumber Kalium/Potasium yang cukup tinggi, dimana 240ml air kelapa mengandung 600mg kalium.

Sangat bagus bagi Anda yang sedang melakukan diet kalium.

Kalium merupakan salah satu unsur hara makro primer, unsur hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan dalam jumlah yang besar. Unsur hara makro primer lainnya adalah Nitrogen dan Posfor (NPK).

Air kelapa juga mengandung hormon Sitokinin dalam jumlah yang besar, terdapat juga hormon auksin, giberelin, dan asam abssisat dalam jumlah yang lebih kecil.

Keempat hormon tersebut merupakan hormon yang biasa digunakan sebagai zat pengatur tumbuh di dalam dunia pertanian.

Pada postingan sebelumnya pernah dibahas bagaimana cara membuat zat pengatur tumbuh dari air kelapa dan lidah buaya.

Cara Menyiram Tanaman dengan Air Kelapa

Anda tidak bisa menyimpan air kelapa dalam waktu yang lama, kecuali dimasukkan kedalam freezer. Jika warna dan bau air kelapa sudah berubah, Anda tidak bisa lagi mengaplikasikannya ke tanaman.

Setelah Kelapa dibelah, air kelapa bisa bertahan 2-3 hari, lebih dari itu, kemungkinan sudah berubah menjadi Alkohol, dan tidak baik digunakan untuk tanaman.

Akan tetapi, jika anda ingin mengaplikasikan air kelapa dalam skala perkebunan, mengawetkan air kelapa dengan cara di freezer tentu bukan cara yang efektif.

Solusinya adalah dengan mempermentasi air kelapa dengan bahan organik lainnya, sehingga bisa disimpan dan digunakan dalam waktu yang lama.

Membuat pupuk organik dari hasil permentasi air kelapa yang dicampur dengan bahan organik lain pernah kami bahas pada tulisan, Membuat pupuk organik unsur hara makro lengkap.

Jika Anda hanya ingin mempermentasi air kelapanya saja, tanpa tambahan bahan lain, cukup tambahkan gula merah secukupnya dan EM4. Satu tutup botol EM4 bisa untuk satu liter air kelapa.

Takaran aplikasi air kelapa segar ke tanaman.

Menyiram tanaman dengan air kelapa segar dengan takaran 50ml air kelapa dicampur dengan air 1000ml (1 liter) bisa menjadi booster pertumbuhan.

Air kelapa segar bagus diberikan pada masa generatif, karena kandungan kalium yang tinggi, kita ketahui kalium merupakan usur hara yang dibutuhkan oleh tumbuhan pada masa generatif.

Tapi dengan adanya beberapa hormon pengatur tumbuh yang ada di air kelapa, aplikasi pada tanaman dalam vegetatif bisa menjadi booster untuk pertumbuhan daun dan batang tanaman.

Itu dia sekilas cara menyiram tanaman dengan air kelapa, jika anda memiliki masukan, pertanyaan atau hal lainnya terkait postingan ini, jangan sungkan untuk meninggalkan pesan Anda pada Kolom komentar.