Cara mengatasi busuk akar, jamur dan bakteri lainnya (patogen) pada tanah dengan meningkatkan jumlah oksigen terlarut dalam air menggunakan mesin aerator.

Ini adalah cara yang sederhana, murah meriah tapi terlupakan, padahal efek yang dihasilkan bisa signifikan untuk menyuburkan tanaman.

Mesin aerator merupakan mesin yang biasa digunakan pada aquarium IKAN untuk menghasilkan gelembung udara. Biasanya ujung selang ditambkan batu yang memiliki pori-pori kecil dengan tujuan agar gelembung udara yang dihasilkan bisa lebih banyak.

Tanpa mesin aerator ini, ikan bisa lemas dan mati, apalagi dalam air yang diam dan tidak mengalir. Alat ini bisa Anda dapatkan di toko ikan hias dengan harga yang cukup murah. Dengan harga dibawah 50K Anda sudah bisa mendapatkan mesin aerator lebih dari satu lubang.

Pemberian aerasi pada air menggunakan mesin aerator terbukti bisa meningkatkan jumlah oksigen terlarut kedalam air.

Apakah oksigen penting bagi tumbuhan?

Semua mahluk hidup bernafas, termasuk tumbuhan, tapi mungkin dengan cara yang berbeda. Dan proses pernafasan pada tumbuhan ini (Respirasi) membutuhkan oksigen.

Respirasi pada tanaman merupakan proses perombakan gula (karbohidrat) hasil fotosintesis dan hasil akhir dari proses respirasi yaitu terbentuknya ATP yang merupakan sumber energi utama bagi tanaman untuk melakukan semua kegiatan seperti membantu penyerapan nutrisi, pembelahan sel, mengalirkan nutrisi kesemua bagian tanaman, termasuk membantu pembungaan dan pembuahan pada tanaman.

Tanah yang mengandung banyak oksigen sangat berpengaruh pada pertumbuhan tanaman.

Untuk meningkatkan jumlah oksigen pada tanah, selama ini biasa dilakukan dengan cara manual yakni dengan menggemburkan tanah, sehingga terdapat rogga pada tanah yang bisa dimasuki udara (oksigen).

Dengan meningkatkan jumlah oksigen terlart didalam air dengan memberikan aerasi menggunakan mesin aerator, diharapkan bisa membantu menyuplai ketersediaan oksigen didalam tanah.

Cara Menggunakan mesin aerator untuk menambahkan oksigen terlarut di dalam air.

Caranya cukup mudah, dan air yang sudah diberikan aerasi bisa ditambahkan pupuk organik cair untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Siapkan air di dalam wadah, berikan aerasi selama minimal satu jam.

Setelah satu jam, tambahkan pupuk organik cair kedalam air yang sudah diberikan aerasi, dan aplikasikan ke tanaman.

Lakukan cara ini secara rutin sebelum melakukan penyiraman atau pemupukan, dan lihat hasilnya.

Tidak hanya untuk tanaman, air yang diberikan aerasi ini juga sangat bagus diberikan kepada hewan ternak yang Anda miliki.

Alternatif bagi Anda yang belum memiliki mesin aerator, bisa menggunakan hidrogen peroksida (h2o2). Penjelasan cara menggunakan h2o2 sudah saya bahas pada tulisan sebelumnya, manfaat hidrogen peroksida untuk tanaman.

Untuk lebih jelasnya, saya sertakan video dari channel lombok organik dengan cara pemberian aerasi pada air menggunakan mesin aerator

menambahkan oksigen terlarut ke dalam air menggunakan mesin aerator.

Barangkali Anda juga perlu mencoba menambahkan oksigen terlarut kedala air yang Anda minum. Salam organik, Lombok Organik

Kiral

Hobi dalam dunia pertanian dan peternakan, terutama yang dilakukan secara organik. Tidak ada pendidikan formal terkait pertanian, pernah menempuh pendidikan di jurusan teknik komputer. Menjadi web designer di Sasambo Design, dan sebagai penggagas berdirinya Lombok Organik