Lebah trigona atau Klanceng biasanya hidup di daerah yang ditumbuhi oleh banyak jenis pepohonan. Berkembang biak dengan baik diperkanpungan dan area hutan.

Klanceng tersebar hampir diseluruh wilayah Indonesia. Lebah tanpa sengat ini mulai dilirik oleh para pecinta lebah beberapa tahun terakhir, setelah adanya penelitian yang menunjukkan khasiat lebih dari madu dan propolis yang dihasilkan lebah trigona ini.

Memelihara Klanceng di daerah perkotaan, apakah bisa?

Jika hanya mengandalkan vegetasi di halaman rumah berupa tanaman bunga dan beberapa tanaman buah saja sebagai sumber makanan lebah, mungkin akan sangat sulit bagi koloni Klanceng untuk bisa bertahan.

Akan tetapi jika tetangga disekitar Anda juga memiliki aneka jenis tanaman dihalaman rumah mereka, atau paling tidak, radius maksimal 500m dari rumah Anda ada banyak jenis tanaman, baik bunga maupun tanaman buah, barangkali 1-3 koloni klanceng bisa Anda budiayakan di halaman rumah. Sudah cukup untuk panen madu sehat bagi satu keluarga.

Selain Nektar, Polen dan Air, lebah trigona juga sangat memerlukan tanaman yang memiliki getah seperti nangka, mangga, manggis, nyamplung dan beberapa jenis tanaman lainnya. Getah pohon ini digunakan Klanceng untuk membangun sarang dan sebagai perlindungan dari predator atau serangga yang sewaktu-waktu bisa menggangu sarang mereka.

Tanpa adanya tanaman pengasil getah disekitar koloni lebah, akan sangat sulit bagi koloni lebah bisa bertahan, walaupun terdapat banyak sumber nektar dan polen disekitarnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa jenis tanaman penghasil nektar, polen dan resin/getah.

Memelihara Klanceng di Daerah Perkotaan, Apakah Bisa?
Anek jenis tanaman penghasil nektar, polen dan resin/getah

Jika terdapat banyak jenis tanaman seperti yang terlihat pada gambar di atas, maka anda bisa membudidayakan lebah trigona di halaman rumah Anda.

Desain kotak lebah yang lebih bersahabat dengan habitat koloni lebah, sarang dari papan kayu yang tebal, semakin tebal papan kayu yang digunakan, akan semakin bagus untuk ketahanan koloni lebah.

Jenis papan kayu juga sebaiknya diperhatikan, gunakan papan kayu dari jenis kayu yang kualitasnya bagus, jenis kayu yang keras, dan kering, sehingga suhu didalam kotak lebah bisa lebih stabil dan tidak lembab.

Tempatkan kotak lebah di tempat yang tidak terkena oleh sinar matahari secara langsung, terutama matahari siang, karena jika terlalu panas, lebah yang ada di dalam kotak bisa kepanasan, bahkan bisa mati.

Hindari juga tempat yang terlalu lembab, karena jika kotak lebah dari bahan kayu yang tidak terlalu tebal dan bagus, propolis bisa ditumbuhi jamur dan dipenuhi bakteri.

Itu dia sekilas tentang Memelihara Klanceng di Daerah Perkotaan, jika ada yang ingin didiskusikan terkait materi tulisan ini, kami akan sangat berbahagia membalas komentar anda, sekian Wassalam