Membuat Kotak Lebah Trigona atau klanceng, di Malaysia lebih dikenal dengan kelulut, dari papan kayu sanga mudah dan biaya pembuatannya juga murah.

Pada tulisan sebelumnya kami pernah posting tulisan pengantar budidaya lebah madu trigona, tulisannya bisa Anda lihat di sini, budidaya lebah trigona bagi pemula

Budidaya lebah trigona sangat mudah dilakukan, setiap orang bisa membudidayakan lebah tanpa sengat ini, dan untuk daerah Lombok dan indonesia pada umunya lebah klanceng ini sangat mudah sekali ditemukan.

Tidak hanya di pedesaan, lebah trigona juga bisa dibudidayakan di daerah perkotaan, jika disekitar rumah banyak tumbuh tanaman bunga yang disukai lebah madu ini.

Lombok organik membuat 2 model kotak lebah trigona, pertama kotak dengan model sederhana dari papan kayu setebal 2 cm yang dibuat kotak seperti kardus dengan ukuran 20cm x 40 cm. Kotak lebah model ini biasanya kami simpan atau tempatkan pada rak yang disusun berjejer dengan kotak lebah trigona lainnya.

Kotal lebah trigona model kotak biasa, dari papan kayu setebal 2 cm

Model kotak lebah madu trigona yang kedua memiliki toping (kotak lebah bertingkat). Pada bagian bawah tempat ratu lebah trigona bertelur dan pada bagian atas tempat lebah triogna menyimpan madu. Jadi diatara kotak bawah dan atas ini dipasangkan skat dari mika transparan dan papan triplek yang tidak direkatkan secara permanen. Fungsinya adalah untuk memudahkan sewaktu panen dan mengontrol perkembangan dari koloni lebah klanceng.

Diantara kedua kota bertingkat ini, dibuatkan lubang sebesar logam, sebagai jalan naik turun lebah.

membuat kotak lebah trigona
Kotak lebah trigona bertingkat, ditempatkan ditempat terbuka dan dipasangkan atap

Untuk memastikan kotak bagian atas ini dijadikan sebagai tempat lebah trigona menyimpan madu, kami buatkan tempat madu tiruan dari propolis lebah trigona.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara membuat tiruan tempat lebah menyimpan madu trigona ini, kami akan bahas pada video/postingan tersendiri, jadi tetap update informasi terbaru di website atau channel youtube lombok organik

Jika ratu lebah naik ke kotak bagian atas, sebaiknya segera dipindahkan secara manual ke kotak bagian bawah agar ratu lebah tidak bertelur di kotak yang kita siapkan khusus sebagai tempat lebah kelulut bertelur.

Ukuran kotak lebah model yang kedua ini adalah, panjang dan lebarnya adalah 18 cm dan tinggi 14 cm untuk kotak bagian bawah, dan kotak bagian atasnya ukuran panjang dan lebarnya sama 18cm, dan tingginya 10 cm. Tebal papan yang kami gunakan 2 cm. Semakin tebal papan, semakin bagus untuk menjaga kestabilan suhu didalam kotak.

Kami menggunakan ukuran ini karena ketersediaan bahan, dengna kata lain, Anda bebas menggunakan ukuran berapa saja

Alat dan Bahan

  • Papan Kayu dengan Ukuran Lebar 18 cm Panjang 150 cm dan tebal 2cm
  • Paku Ukuran 1.5inc
  • Palu
  • Gergaji
  • Penggaris
  • 2 Lembar Mika Transparant
  • Pensil
  • Steples Besar
  • Triplek Tipis
  • Tali pengikat (Kawat)
  • 100cm Kayu Reng

Proses Pembuatan

Proses Pembuatan

Untuk kotak bagian bawah. Potong papan kayu dengan ukuran 18 x 18 cm 1 buah. Ukuran 14 x 18 cm 2 buah. Ukuran 12 x 18 cm 2 buah.

Untuk kotak bagian atas, potong papan ukuran 10 x 18 cm 4 buah, dan jangan lupa potong papan triplek sebagai alas kotak bagian atas, ukurannya disesuaikan dengan panjang dan lebah kotak lebahnya.

Pada kotak bagian bawah, buat lubang sebesar jari telunjung, sebagai jalan keluar masuk lebah pekerja.

Pasang mika transparan, rekatkan menggunakan steples, dan pada bagian pojok buatkan lubang sebagai jalan naik turun lebah trigona. Tujuan kita menggunakan mika transparan untuk memudahkan kita, jika sewaktu-waktu kita ingin mengontrol perkembangan koloni lebah madu trigona.

Mika transparant jagan di steples terlalu banyak, karena akan dibuka lagi ketika nanti kita memindahkan koloni lebah kedalam kotak.

Pada Kotak bagian atas juga kita pasangkan mika tranparant. Selanjutnya dibuatkan tutup, dan terkahir dibuatkan tempat mengikat kotak atas dan bawah agar tidak mudah bergeser.

Untuk lebih jelasnya, silahkan buka video diatas, proses pembuatan kotak lebah trigona Lombok Organik

Kotak lebah model ini bisa ditempatkan di tempat terbuka, tapi usahakan jangan terkena oleh sinar matahari secara langsung. Pastikan juga bagian tutup tidak tembus oleh air, sehingga pada waktu hujan, air tidak masuk ke dalam kotak.

Jika ingin lebih aman dari hujan dan sinar matahari, anda bisa buatkan atap yang bisa dikreasikan seperti video di atas.

Itu dia cara membuat kotak lebah trigona, jika ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan melalui komentar dibawah, atau berkomentar langsung di video yang ada di channel lombok organik, semoga bermanfaat, wassalamualaikum