Masa depan pertanian adalah pertanian organik. Masa depan peternakan adalah peternakan Organik. Orang mulai sadar bahwa hidup sehat tidak cukup lagi dengan makan buah dan sayuran hijau saja, hidup sehat tidak cukup lagi dengan minum susu dan madu, makan telur dan daging segar.

Akan tetapi hidup sehat dimulai dari menentukan dan mengontrol bagaimana buah dan sayuran ditanam dan dirawat, menetukan bagaimana hewan ternak dipelihara dan dibesarkan.

Penggunaan pupuk kimia, pestisida kimia, pakan kimia, dan semua jenis bahan kimia buatan yang berbaya, telah merusak lingkungan cukup lama, dan tidak disadari sebagai penyebab berbagai penyakit mematikan yang banyak diderita saat ini.

Hanya demi keuntungan yang lebih, dan memangkas waktu produksi, kesehatan tidak lagi menjadi tujuan.

Kembali ke Pertanian dan Peternakan Organik

Mulailah bertani dan beternak secara organik dari lingkungan yang paling kecil yakni rumah kita sendiri.

Jika anda memiliki lahan, anda bisa menerapkan sistem pertanian terpadu untuk melengkapi kebutuhan pangan dan obat-obatan. Sistem pertanian ini akan kita bahas pada tulisan berikutnya.

Barangkali tidak semua orang bisa, karna waktu yang terbatas, dan lingkungan yang tidak memungkinkan, tapi setelah Anda memiliki kesadaran, setidaknya anda mulai mencari produk-produk pertanian dan peternakan organik, dan secara tidak langsung ini juga akan membantu perkembangan pertanian organik itu sendiri.

Alasan yang membuat orang menggunakan pupuk, pakan kimia dan pestisida Kimia?

Kita perlu memunculkan alasan kenapa para petani lebih memilih menggunakan pupuk dan pestisida berbahan kimia buatan berbahaya, supaya kita bisa memberikan sanggahan dengan teknologi pertanian organik yang ada saat ini.

Diantara beberapa alasan tersebut adalah:

  • Hasil Produksi Yang Lebih Besar
  • Waktu Produksi Yang Lebih Singkat
  • Bebas Hama Penyakit pada tanaman dan hewan

Hasil produksi yang lebih menjanjikan merupakan salah satu alasan utama menggunakan pupuk dan pakan kimia buatan.

Padahal dengan biaya yang jauh lebih sedikit, para petani bisa membuat pupuk dan pakan sendiri dengan hasil yang tentunya lebih baik.

Selain dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapatkan, bahkan beberapa bahan dasar pembuatan pupuk organik dan pakan bisa didapatkan secara pecuma, hasilnya produksinya juga terbukti tidak jauh berbeda.

Pupuk kimia sama dengan obat-obatan kimia yang membuat tubuh seseorang resisten dan kecanduan. Hari ke hari membutuhkan dosis yang semakin tinggi. Jika dosis dikurangi, maka panen gagal.

Sementara pupuk organik mengembalikan mikro organisme yang ada didalam tanah, memperbaiki ekosistem, dan dari hari kehari hasil pertanian akan semakin meningkat.

Dengan Biaya produksi yang lebih kecil dan hasil yang bisa lebih besar, kenapa masih menggunakan pupuk kimia? Jawabnnya sederhana, Masa depan pertanian adalah pertanian organik.

Waktu Produksi yang lebih singkat. Dengan menggunakan pupuk dan pakan kimia, tanaman dan hewan ternak berkembang dan tumbuh lebih cepat.

Saya akan berikan sebuah contoh keberhasilan seseorang yang mempelopori pertanian dan peternakan organik, bapak Harry Abdussalam, silahkan ikuti linknya untuk melihat profil beliau.

Bagaimana petani binaannya, bisa berhasil beternak ayam broiler dengan keuntungan berlipat karena membuat pakan murah dan menekan angka kematian ternak hanya dari bahan-bahan organik yang mereka racik sendiri.

Bebas Hama Penyakit Pada Tanaman dan Hewan. Pestisida kimia buatan memang terbukti bisa membunuh hama dan penyakit pada tanaman.

Tapi tahukah Anda, ada begitu banyak sekali jenis serangga, bakteri, mikrorganisme dan hewan lainnya yang akan ikut mati, padahal tidak semua dari jenis hewan ini merugikan.

Dengan cara organik, Kita bisa membuat obat alami untuk hewan ternak, Dengan cara organik juga, kita bisa membuat pestisida yang lebih ramah dan aman bagi kesehatan.

Masa Depan pertanian adalah pertanian organik, dengan ilmu dan informasi yang semakin terbuka dan mudah didapatkan, memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk bisa melakukan berbagai hal luar biasa dalam dunia pertanian dan peternakan.

Demikian tulisan ini dibuat dengan satu tujuan sederhana, untuk mengkampanyekan pertanian dan peternakan organik untuk diri yang lebih sehat, untuk keluarga yang sehat, dan untuk bangsa yang mandiri dan sehat.

Ada banyak kekurangan pada tulisan ini, baik dari segi isi dan penyampaiannya yang terkadang tidak runut, silahkan disanggah jika tidak setuju, atau ada hal lain yang ingin didiskusikan, jangan sungkan tinggalkan pesan Anda pada kolom komentar. Salam dari kampung kecil di pelosok Lombok Timur. Lombok Organik.