Manfaat Krokot atau Gelang biasa Sebagai Insektisida, Pupuk Organik dan Tanaman Obat. Bahkan krokot sudah ditetapkan oleh WHO sebagai daftar tanaman obat yang diprotitaskan di dunia.

Tanaman krokot ini tumbuh liar diberbagai tempat, apalagi saat musim hujan, krokot biasanya akan tumbuh sangat banyak dan subur.

Selama ini, krokot dianggap sebagai gulma jika tumbuh di kebun atau di sawah, dan dibuang begikut saja, atau dijadikan pakan ternak jika para petani memiliki hewan peliharaan sapi, kambing atau kerbau di rumah.

Tapi pengalaman beberapa peternak, jika hewan ternak terlalu banyak konsumsi Tanaman Gelang biasa, biasanya hewan ternak bisa diare.

Manfaat Krokot Sebagai Insektisida

manfaat krokot
manfaat krokot sebagai insektisida, pupuk organik dan tanaman obat

Krokot mengandung senyawa tanin, dimana senyawa ini berfungsi untuk melindungi tumbuhan agar daun, batang, dan buah tanaman tersebut tidak dimangsa oleh hewan herbivora dan hama lainnya.

Mungkin anda pernah memperhatikan, sebagian tanaman ada yang tidak disukai oleh ulat dan belalang, atau serangga lainnya, biasanya tanaman tersebut memiliki kandungan senyawa tanin.

Kaliandra, turi, gamal, Sabut kelapa, buah jengkol, mahoni, kacang-kacangan, dan berbagai jenis tumbuhan hijau lainnya memiliki senyawa tanin yang cukup tinggi.

Memanfaatkan krokot sebagai insektisida cukup efektif karena kandungan senyawa tanin ini.

Jangankan untuk hewan kecil pada seperti belalang dan serangga lainnya, hewan unggas, bahkan sapi dan kerbau, bisa keracunan jika mengkonsumsi tanin tanin dalam jumlah yang banyak.

Jika sapi mengkonsumi tanin diatas 0.5% bisa menyebabkan terhambatnya pertumbuhan, sementara jika dikonsumsi di atas 4% bisa menyebabkan keracunan bahkan kematian hewan ternak.

Tapi konsumsi tanin dalam jumlah yang wajar, bisa mengatasi perut kembung pada hewan ternak, karena senyawa ini terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang menghasilkan gas berlebih pada perut hewan ternak.

Manfaat Krokot sebagai pupuk organik cair/padat

Krokot atau gelang biasanya ternyata mengandung magnesium dalam jumlah yang banyak. Fungsi magensium pada tanaman, pernah kami bahas peada tulisan sebelumnya, Cara membuat pupuk magnesium.

Selain magensium, terdapat juga unsur hara lainnya seperti Potasium (kalium), Calsium, mangan, besi, sodium, fosfat dan Urea.

Dengan kandungan unsur hara ini, krokot bisa menjadi pupuk organik cair atau padat dengan kualitas yang baik.

Beberapa pakar pertanian organik juga menjadikan krokot ini sebagai pupuk organik yang diproduksi dalam sekala industri.

Pada tulisan sebelumnya, kami juga pernah membahas Jantung pisang sebagai pupuk organik.

Cara Membuat pupuk dari Krokot bisa Anda lihat pada tulisan berikut ini, Cara Membuat Pupuk organik dan asam cuka dari krokot.

Baik Krokot atau jantung pisang ini, biasa dijadikan pupuk oleh para pakar pertanian organik yang menggunakan metode KNF, Korean natural farming.

Gelang Biasa sebagai tanaman obat.

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, krokot sudah dimasukkan WHO kedalam daftar tanaman obat yang diproritaskan. Diantara manfaat krokot bagi kesehatan adalah.

  1. Mengatasi berbagai masalah usus dan lambung. Krokot bisa dijadikan sebagai obat usus buntu, mengobati peradangan usus, dan mengatasi penyakit mag. Bahkan tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengatasi cacingan.
  2. Mengatasi berbagai masalah kulit. Krokot bisa digunakan sebagai obat bisul, radang kulit, luka koreng, dan berabgai permasalahan kulit lainnya.
  3. Menyehatkan Jantung. Kadar omega-3 yang cukup tinggi pada tanaman krokot bisa berfungsi membuang kolestrol jahat di dalam tubuh. Omega-3 juga terbukti mampu mengurangi resiko kardiovaskular dan aterosklerosis sehingga bisa terhindar dari penyakit stroke dan serangan jantung.
  4. Menurunkan berat badan. Krokot terkanal dengan tanaman rendah kalori akan tetapi kaya akan vitamin dan nutrisi. Sehingga sangat baik dikonsum untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan.
  5. Mengatasi keputihan dan haid yang tidak lancar.
  6. Menguatkan tulang dan gigi
  7. Menjaga kesehatan mata
  8. Meningkatkan sirkulasi darah
  9. dan lain sebagainya.

Tanaman krokot di dalam kuliner

Dengan mengetahui manfaat krokot bagi kesehatan, tentu kita tidak ragu untuk mengkonsumsi tanaman ajaib tersebut, dan kabar baiknya, ternyata tanaman ini memiliki rasa tidak buruk, tidak seperti tanaman obat lainnya, yang biasanya pahit atau rasanya yang terlalu kuat.

Krokot bisa dimakan mentah sebagai lalapan, bisa juga dimasak sebagai sayur bening, ditumis atau diolah menjadi masakan lezat lainnya.

Bagi penderita kencing batu, tidak disarankan mengkonsumsi krokot karena kandungan asam oksalat pada tanaman tersebut.

Oksalat diketahui merupakan zat alami yang terdapat dibeberapa jenis sayuran, yang bisa menjadi kristal oksalat pada kandung kemih, untuk sebagian orang.

Video Manfaat Tanaman Krokot

Video manfaat krokot dari channel youtube lombok organik

Demikian tadi penjelasan singkat tentang manfaat krokot sebagai insektisida, pupuk organik dan sebagai tanaman obat. Pada kesempatan selanjutnya, kami akan membahas bagaimana cara membuat pupuk organik dari tanaman krokot, ikuti selalu update terbaru dari lombok organik.

Kiral

Hobi dalam dunia pertanian dan peternakan, terutama yang dilakukan secara organik. Tidak ada pendidikan formal terkait pertanian, pernah menempuh pendidikan di jurusan teknik komputer. Menjadi web designer di Sasambo Design, dan sebagai penggagas berdirinya Lombok Organik