Stek merupakan cara cepat memperbanyak tanaman dan memiliki beberapa keuntungan lainnya dibandingkan dengan perbanyakan tanaman dari Biji. Stek bisa dilakukan pada hampir semua jenis tanaman, termasuk Kemangi. Pada tulisan ini, kami akan membahas bagaimana cara stek batang kemangi, kemungkinan berhasil 99%.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar stek batang kemangi bisa berhasil.

Pemilihan batang yang akan di stek

Pemilihan batang yang tepat, merupakan salah satu penentu keberhasilan stek batang kemangi. Pilih batang kemangi yang masih hijau, bagus ambil bagian pucuk batang Kemangi yang belum berbunga. Pilih batang yang ukurannya agak besar, semakin besar semakin bagus.

cara stek batang kemangi
Batang kemangi yang masih hijau, bagian pucuk dan belum berbunga lebih mudah berhasil di stek dibandingakan batang kemangi yang sudah tua bewarna coklat.

Setelah mendapatkan batang kemanginya, potong bagian daunnya, sisakan daun kecilnya saja, tujuannya untuk mengurangi penguapan air. Batang yang akan di stek juga jangan terlalu panjang, cukup sisakan satu telunjuk saja (3 sampai 4 mata tunas).

Media Tanam

Gunakan media tanam yang gembur agar mempermudah pertumbuhan akar muda pada batang yang di stek. Bagus menggunakan kompos, baik kompos dari daun(bahan organik) ataupun kompos kotoran hewan, tapi pastikan kompos sudah benar-benar matang, karena jika tidak, media kompos tersebut malah akan membuat batang kemangi yang distek akan mudah busuk.

Pastikan media tanam tetap lembab, lakukan penyiraman rutin setiap pagi atau sore. Jika media tanam yang digunakan bagus, biarpun tanahnya basah, tidak akan mengakibatkan batang kemangi menjadi busuk.

cara stek batang kemangi
Media tanam yang digunakan untuk stek dari campuran sekam padi yang sudah lama digunakan (bukan sekam padi baru)

Hindari penyinaran matahari secara langsung selama 1-2 minggu, simpan stek batang kemangi ditempat yang teduh. Setelah tumbuh daun baru, atau daun kecil yang disisakan sudah membesar, itu menandakan akar sudah mulai tumbuh, Anda bisa memindahkan ketempat yang terkena sinar matahari, agar proses pertumbuhan batang dan akar menjadi lebih cepat.

cara stek batang kemangi
Akar sudah tumbuh pada batang kemangi yang di stek, umur sekitar 10 Hari.

Setelah satu minggu, batang dan daun masih terlihat hijau, bahkan daun kemangi bertambah, maka bisa dipastikan stek batang kemangi yang Anda lakukan berhasil. Anda bisa memindahkan ke media tanam yang baru dengan tetap memperhatikan kelembapan dari media tanamnya.

Gunakan Perangsang Akar

Menggunakan peransang akar, bisa sangat membantu mempercepat pertumbuhan akar pada batang kemangi yang distek. Anda bisa menggunakan zat perangsang akar dari Bawang merah atau lidah buaya.

Caranya potong bawang merah atau lidah buaya, kemudian oleskan cairan bawang merah, atau gel lidah buayanya pada batang kemangi. Oleskan pada bagian batang kemangi yang akan ditanam saja.

Anda juga bisa membuat zat perangsang tumbuh/akar sendiri, yang bisa anda gunakan sewaktu-waktu ketika stek batang, mencangkok, atau bisa anda aplikasikan langsung pada tanaman.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah Video proses stek kemangi dari awal sampai tumbuh dan pindah tanam. Video dari Channel Lombok Organik, silahkan di subscribe bagi yang belum, dapatkan video terbaru seputar tips pertanian dan peternakan secara organik.

Video cara stek batang kemangi dari channel youtube lombok organik

Itu dia cara stek batang kemangi, jika ada yang dirasa kurang jelas, silahkan tinggalkan pesan Anda pada kolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung di blog lombok organik. Jika dirasa bermanfaat silahkan dibagikan guna ikut mengkampanyekan pertanian dan peternakan secara organik.