Cara mengawinkan bunga vanili dengan cepat dan mudah, kemungkinan berhasil menggunakan cara ini di atas 90%.

Vanili merupakan salah satu jenis tanaman yang mulai banyak dibudidayakan oleh para petani nusantara, selain karena kandungan dan manfaatnya, tapi juga karena harga jual yang lumayan tinggi.

Vanili bukanlah tanaman asli di Indonesia, tanaman ini pertama kali dikenal di negara mexico dan brasil.

Di negara tersebut, proses penyerbukan bunga vanili bisa terjadi secara alami, dibantu oleh serangga khusus, akan tetapi di Indonesia, dilakukan secara manual oleh bantuan tangan manusia.

Setelah mulai berbunga, bunga vanili akan mekar setiap hari.

Bunga Vanili berjenis bunga tandan, masing-masing tandan bisa terdapat 5-20 bunga Vanili. Proses penyerbukan bunga vanili dilakukan pada waktu pagi hari, maksimal sampai pukul 09.00 pagi.

Bunga vanili mekar setiap hari, dan hanya dalam waktu satu hari saja, sehingga para petani vanili dituntut untuk memeriksa kebun vanili mereka setiap hari, ketika musim bunga sedang berlangsung.

Berikan pupuk organik dengan kandungan kalsium tinggi saat tanaman memasuki masa generatif, saat mulai berbunga dan berbuah.

Bunga Vanili dan Bagiannya

Terdapat 5 daun bunga pada Bunga Vanili, dibagian tengah bunga terdapat bagian yang menggulung seperti corong. Dan di dalam corong tersebut terdapat putik dan kepala sari.

Terdapat penghalang pada putik bunga Vanili, ini yang mengakibatkan penyerbukan secara alami sulit terjadi.

membnatu penyerbukan bunga vanili
Bunga vanili dan bagiannya

Alat yang digunakan untuk membantu mengawinkan bunga vanili sangat sederhana sekali, hanya satu batang lidi, bisa dibuat dari bambu atau dari tulang daun kelapa. bagian ujungnya dibuat runcing dan sedikit pipih.

alat untuk mengawinkan bunga vanili
sebuah lidi sebagai alat bantu dalam mengawinkan bunga vanili

Cara Mengawinkan Bunga Vanili

Cara mengawinkan bungan vanili sebenarnya sangat mudah sekali, bisa dilakukan oleh semua orang, asalkan memiliki pengelihatan yang bagus (tidak rabun dekat).

Langkah Pertama, tangan kanan memegang lidi, sementara pada tangan kiri anda, masukkan bagian bunga yang berbentuk corong diatara jari telunjuk dan jari tengah.

proses mengawinkan bunga vanili
Mengawinkan bunga vanili dilakukan dengan dua tangan, tangan kanan memegang lidi, tangan kiri pada bunga.

Selanjutnya, robek bagian bunga yang berbentuk corong, tepat dibagian tengahnya. Tujuannya untuk memudahkan mengangkat kepala putik pada bunga vanili tersebut.

mengawinkan bunga vanili

Langkah berikutnya, angkat bagian ujung putik yang melengkung menggunakan lidi. Hati-hati jangan terlalu keras.

Setelah terangkat, tekan kembali dengan pelan, sampai kepala putik menempel. Ada cairan perekat alami pada kepala putik, sehingga ketika Anda menekan dan menahannya sebentar, maka kepala putik akan menempel dengna sendirinya.

Angkat kepala putik menggunakan lidi
Tekan kembali kepala putik, seraya mencabut lidi yang digunakan untuk mengangkatnya.

Pastikan kepala putik tetap menempel setelah anda menekannya. Tekan dengan pelan, jangan sampai merusak kepala putik.

Bunga vanili berhasil dikawinkan bisa dilihat setelah 2-4 hari setelah bunga tersebut dikawinkan. Jika tangkai bunganya jatuh, berarti gagal, akan tetapi jika tangakai bunganya tetap menempel, maka itu pertanda berhasil.

Semakin banyak buah vanili dalam satu tangkai tandan, maka akan semakin kecil volume masing-masing buahnya, sehingga jika Anda menginginkan kualitas buah yang lebih besar dan baik, anda bisa mengurangi jumlah buah yang ada dalam satu tangkai tandan bunga vanili tersebut.

Video Cara Mengawinkan Bunga Vanili.

Agar lebih jelas, berikut adalah video cara mengawinkan bunga vanili, dengan menggunakan alat dari lidi.

Sebenarnya, tanpa dibantu penyerbukan sekalipun, bunga vanili tetap bisa menjadi buah, akan tetapi ukurannya menjadi kecil, dan kualitasnya menjadi tidak bagus.

Demikian penjelasan cara mengawinkan bunga vanili, semoga tulisan ini bermanfaat, jika ada yang kurang jelas, jangan sungkan untuk meninggalkan pesan anda pada kolom komentar.

Kiral

Hobi dalam dunia pertanian dan peternakan, terutama yang dilakukan secara organik. Tidak ada pendidikan formal terkait pertanian, pernah menempuh pendidikan di jurusan teknik komputer. Menjadi web designer di Sasambo Design, dan sebagai penggagas berdirinya Lombok Organik