Cara memindahkan koloni klanceng atau koloni lebah trigona bisa dibilang cukup mudah, karena Lebah trigona adalah lebah tanpa sengat, sehingga proses pemindahan koloni bisa dilakukan tanpa baju pengaman.

Memang ada sebagian lebah trigona yang sedikit agresif, dan menggigit selama proses pemindahan, tapi gigitannya tidak sakit, bahkan mungkin lebih sakit gigitan semut.

Tapi perlu diperhatikan, lebah klanceng yang menggigit biasa sulit melepaskan gigitannya, sehingga jika dipaksakan, lebah ini biasanya akan mati.

Untuk mengurangi resiko tersebut, ada beberapa tips yang bisa digunakan selama proses pemindahan koloni lebah.

  • Gunakan Baju dan celana yang berwarna agak gelap, usahakan baju lengan panjang. Jika ada baju khusus yang menutupi kepala atau seluruh tubuh alangkah lebih baiknya digunakan, walaupun lebah ini tidak menyerang.
  • Salah satu cara yang juga terbilang cukup efektif untuk mengurangi resiko kematian lebah trigona selama pemindahan adalah dengan menempatkannya sementara di dalam botol plastik (botol air mineral). Caranya, tempelkan lubang botol di jalan keluar masuk lebah, kemudian sarang lebah kita pukul-pukul menggunakan benda keras, maka secara otomatis, lebah-lebah akan keluar dan masuk kedalam botol. Terus pukul sampai lebah yang tersisa di dalam sarang berkurang. Tutup botol setelah dirasa cukup. Jangan lupa untuk melubangi botol menggunakan jarum kecil sebagai jalan keluar masuk udara.

Alat dan Bahan Yang Dibutuhkan

Pada tutorial cara memindahkan koloni klanceng ini, kami memindahkan koloni dari Bambu ke dalam stup baru dari papan kayu.

  • Golok atau kapak kecil untuk membelah Bambu.
  • Pisau kecil/Cutter
  • Botol Air mineral ukuran besar atau kecil.
  • Baju pengaman jika ada, atau bisa menggunakan baju lengan panjang dan celana panjang berwarna agak gelap.
  • Kotak lebah baru.
  • Wadah untuk menyimpan madu jika ingin memanen madu klancengnya.

Proses Pemindahan Koloni

Sebelum memulai proses pemindahan, bersihkan terlebih dahulu lokasi tempat Anda akan memindahkan koloni klancengnya, dikhawatirkan nanti ada madu yang tercecer dan tercium oleh semut.

Lebah trigona memerlukan waktu berjam-jam sampai semuanya masuk kedalam kotak yang baru, jika belum-belum sudah diganggu oleh semut, maka proses pemindahan bisa gagal.

Jika Anda pertama kali atau masih baru dalam budidaya lebah trigona, Anda sebaiknya pelajari terlebih dahulu, bagian-bagin apa saja yang ada di dalam sarang lebah trigona, Seperti apa Ratu Lebahnya, Lebah pekerja, mana lebah yang masih muda, telur, tempat lebah menyimpan madu, pot-pot telur yang belum terisi, telur muda, dan lain sebagainya.

Anda bisa menonton video proses cara memindahankan koloni klanceng berikut ini, video dari kanal youtube Lombok Organik. SUBSCRIBE YA!

Pertama gunakan botol air mineral seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Setelah lebah yang masuk kedalam botol plastik dirasa cukup, belah bambu tempat lebah bersarang dengan pelan dan hati-hati.

Setelah bambu terbelah, hal pertama yang perlu menjadi perhatian adalah Lebah Ratunya. Pastikan lebah ratu selamat dan ikut dipindahkan. Lebah ratu biasanya terletak di telur lebah yang masih muda, atau di pot-pot telur yang masih kososng.

Jika Lebah ratu tidak langsung terlihat, bisa jadi ratu lebah berada di tengah atau di belakang bagian telur yang masih muda tersebut. Ratu juga terkadang berada di sekitar kantong-kantong madu.

Hati-hati memihdahkan dua bagian ini, jika lebah ratu belum terlihat, karena jika terlalu ditekan, dan ugal-ugalan, dan ternyata lebah ratu berada di dalam atau di balakang bagian kantong madu dan bagian pot-pot telur lebah ini, ratu bisa terpencet dan mati.

Selanjutnya, pindahkan bagian-bagian dari koloni lebah trigona dengan hati-hati. Pindahkan bagian telur yang sudah tua (telur yang sudah tua bewarna kuning)

Jika ratu lebah sudah terlihat, pindahkan ratu lebahnya. Lanjutkan dengan memindahkan bagian koloni lainnya. Gunakan pisau kecil atau cutter untuk membantu mengangkat bagian koloni, karena bagian-bagian koloni ini akan direkatkan dengan cukup kuat oleh klanceng.

Setelah semua bagian koloni dipindahkan. Tempelkan propolis lebah trigona ke lubang kotak baru yang kita siapkan, baik diluar maupun didalamnya, agar lebah mengetahui jalan masuk ke dalam sarang baru.

Terakhir, buang semua sisa sarang lama, dan bagian propolis-propolis yang tercecer, agar lebah fokus pada propolis yang tertempel pada lubang kotak baru yang sudah kita tempelkan propolis klanceng.

Itu dia cara memindahkan koloni klanceng, silahkan tonton video di atas untuk lebih jelasnya. Jika ada yang masih kurang dimengerti, tinggalkan pesan Anda dalam kolom kementar. Terimakasih

Kiral

Hobi dalam dunia pertanian dan peternakan, terutama yang dilakukan secara organik. Tidak ada pendidikan formal terkait pertanian, pernah menempuh pendidikan di jurusan teknik komputer. Menjadi web designer di Sasambo Design, dan sebagai penggagas berdirinya Lombok Organik