Cara membuat Trichoderma, jamur sahabat petani organik, yang akan dipancing dari tanah sekitar perakaran bambu.

Trichoderma sp. merupakan jenis jamur yang memimiliki sifat antagonis bagi jamur lainnya, sehingga jamur ini bisa dimanfaatkan sebagai anti jamur (melawan jamur dengan jamur). Biasanya jamur ini banyak ditemukan di tanah hutan atau tanah pertanian yang belum tercemar limbah pupuk dan pestisida kimia.

Salah satu tempat memancing jamur trichoderma yang kemungkinan besar bisa berhasil adalah di hutan bambu.

Media yang biasa digunakan untuk memancing jamur ini adalah dengan menggunakan nasi, walaupun sebenarnya setiap sumber karbohidrat dan gula seperti jagung, dedak, kentang dan lain sebagainya bisa juga digunakan.

Nasi biasanya dimasukkan kedalam wadah penyimpanan, caranya yakni dengan bambu dibelah, kemudian nasi dimasukkan kedalam belahan bambu, lalu ditanam di bawah tanah sekitar rumpun bambu dengan kedalam 10-20 cm.

Lalu setelah 5-10 hari akan tumbuh jamur pada nasi tersebut, kalau ada jmur yang tumbuh berwarna putih, hijau atau biru maka jamur trichoderma berhasil didapatkan.

Cara Membuat Isolat Trichoderma, Lebih Praktis

Cara lain yang bisa digunakan dan lebih praktis adalah dengan membawa pulang tanah dari kebun bambu, atau hutan yang masih alami, cukup satu kresek saja (1 atau 2 kg tanah), kemudian trichoderma sp bisa anda isolasi dirumah tanpa harus bolak balik ke hutan atau kebun bambu.

  • Sipkan Ember atau media lainnya yang akan digunakan untuk mengisolasi trichoderma.
  • Masukkan tanah yang sudah diambil dari hutan atau kebun bambu, isi ember sampai sepertiga bagian.
  • Kemudian letakkan daun bambu, atau daun lainnya di atas permukaan tanah di dalam ember tersebut.
  • Langkah selanjutnya letakkan nasi di atasnya, tebar dengan merata.
  • Tutup wadah dengan kain, atau penutup lainnya, agar serangga tidak bisa masuk, tapi jagan terlalu rapat (kedap udara)
  • Tunggu 5-15 hari sampai tumbuh jamur putih, hijau atau biru.

Catatan Penting:

Gunakan media penyimpanan yang bersih kemudian disimpan ditempat yang tidak terkena oleh sinar matahari secara langsung. Pastikan serangga tidak bisa masuk kedalam media penyimpanan (ember), karena nasi biasanya menggundang semut, lalat dan serangga lainnya.

Gunakan nasi yang masih bagus, belum basi. Kalau bisa waktu memasak nasi jangan terlalu banyak airnya, baiknya dikukus setengah matang.

Tunggu nasi sampai dingin baru dimasukkan kedalam media tempat isolasi jamur trichoderma.

Dalam prosesnya, terkadang muncul berbagai jenis jamur yang bisa dibedakan dari warnanya, ada yang merah, hitam, hijau, biru, putih dan warna lainnya.

Yang akan diambil adalah jamur yang berwarna hijau dan biru saja. Sementara jamur yang berwarna putih bisa didiamkan sampai berubah warna menjadi hijau atau biru.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah video cara membuat trichoderma yang dipancing dari tanah sekitar perakaran bambu.

Itulah cara membuat trichoderma, proses selanjutnya adalah pemurnian dan perbanyakan. Trichoderma yang didapatkan dari alam ini perlu dimurnikan kembali karena seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak jamur lain selain trichoderma yang bisa tumbuh dalam proses pemancingan jamur tersebut.

Setelah berhasil dimurnikan, jamur siap diperbanyak, baik dalam bentuk padat ataupun dalam bentuk cair.

Jamur ini nantinya sangat bagus diaplikasikan dalam proses pembuatan kompos, tapi baiknya diberikan setelah kompos matang, karena trichoderma bisa berkembang baik dalam suhu 7-40 derajat, sementara dalam proses pengomposan, suhu bisa jauh diatasnya.

Lihat juga postingan:

Cara Pemurnian

Jamur yang didapatkan dari alam selanjutkan akan dimurnikan sebelum diaplikasi ke tanah, untuk memisahkan trichoderma sp, dengan jamur lainnya yang tidak diharapkan.

Untuk pemurnian, bisa menggunakan nasi lagi, tapi supaya lebih bagus, ditambahkan beberapa sumber karbohidrat dan gula lainnya, seperti jagung, dedak, dan gula merah.

Semua bahan ini dicampur, kemudian dimasak atau dikukus. Setelah dingin campurkan biang trichoderma yang didapatkan dari alam. Lebih jelasnya bisa dilihat pada video dibawah berikut.

Cara memurnikan trichoderma (F1) yang didapatkan dari alam

Demikian cara membuat trichoderma dan cara memurnikannya, jika ada yang masih kurang jelas, jangan sungkan untuk meninggalkan pesan Anda pada kolom komentar, terimakash

Kiral

Hobi dalam dunia pertanian dan peternakan, terutama yang dilakukan secara organik. Tidak ada pendidikan formal terkait pertanian, pernah menempuh pendidikan di jurusan teknik komputer. Menjadi web designer di Sasambo Design, dan sebagai penggagas berdirinya Lombok Organik