Tidak hanya bagi manusia, ternyata magnesium juga sangat dibutuhkan oleh tanaman. Ada banyak dijual pupuk magnesium, tapi pada kesempatan ini kita akan bahas, bagaimana cara membuat pupuk magnesium dari bahan-bahan organik di sekitar kita.

Magnesium merupakan satu dari 13 nutrisi mineral yang berasal dari tanah. Akan tetapi unsur ini biasanya terbatas, dan perlu disuplay dari pemupukan.

Magnesium berperan sangat penting dalam proses potosintesis pada daun. Tanpa magnesium, klorofil tidak akan mampu menangkap energi matahari yang digunakan pada saat fotosintesis.

Magnesium juga digunakan oleh tanaman untuk metabolisme karbohidrat dan stabilisasi membran sel.

Kekurangan magnesium pada tanah sering disebabkan oleh curah hujan tinggi, dan PH tanah yang terlalu rendah (asam). Jika unsur hara kalium/potassium terlalu banyak di tanah, makan tanaman akan lebih memilih menyerap kalium daripada magnesium, sehingga ini juga bisa mengakibatkan kekurangan magnesium pada tanaman.

Ciri-ciri tanaman kekurangan Magnesium (Mg)

cara membuat pupuk magnesium organik
Daun tanaman yang kekurangan magnesium

Tanaman yang mengalami kekurangan magnesium, ciri-cirinya bisa kita lihat pada daun tanaman tersebut.

  • Daun akan menguning diantara tulang daun, dan pinggir daun, diawali dari daun yang lebih tua terlebih dahulu. Jika ini dibiarkan, daun akan mengering, bahkan tanaman bisa mati.
  • Kuncup bunga gagal tumbuh

Sementara kelebihan magnesium pada tanaman juga bisa berakibat buruk pada tanaman, walaupun ini jarang terjadi, karena biasanya magnesium sangat terbatas pada tanah.

Tanaman Sumber Magnesium Tinggi.

Tanah kompos biasanya mengandung magnesium yang melimpah, terutama yang berasal dari daun-daunan hijau. Berikut adalah beberapa bahan organik yang memiliki kandungan magnesium tinggi.

  1. Buah Pisang. Didalam 100g buah pisang, terdapat setidaknya 27 mg magnesium.
  2. Sayur hijau seperti bayam dan brokoli. Dalam setengah mangkuk bayam, terdapat 80mg magnesium.
  3. Kacang Kedelai (soya). Kandungan magnesium dalam 100g kedelai adalah 86mg.
  4. Biji labu kuning. Dalam 100g biji labu kungin terdapat 534mg Magnesium.
  5. Berbagai jenis ikan.
  6. Susu

Cara Membuat pupuk magnesium organik?

Cara membuat pupuk magnesium secara organik bisa menggunakan salah satu bahan yang mengandung magnesium tinggi seperti yang sudah disebutkan di atas.

Saya menyarankan untuk membuat pupuk organik lengkap, yang mengandung unsur hara makro dan mikro, tidak hanya magnesium saja. Hanya saja perlu menambahkan bahan-bahan yang kaya akan magnesium lebih banyak pada campuran pupuk tersebut.

Cara membuat pupuk organik cair pernah kami bahas pada tulisan, cara membuat POC unsur hara makro lengkap.

Akan tetapi jika anda ingin membuat pupuk magnessium khusus, anda bisa mempermentasi bahan-bahan organik yang mengandung magnesium tinggi.

Salah satu tanaman yang kandungan mengnesium tinggi adalah krokot, lihat bagaimana cara membuat pupuk dari krokot. Cara Membuat Pupuk Organik dan Asam Cuka Dari Krokot.

Pilih salah satu bahan atau bisa juga digabungkan, saya sarankan untuk menyertakan semua bahan yang sudah saya sebutkan di atas.

Blender semua bahan sampai halus, kemudian tambahkan air kelapa dan air cucian beras (komposisi air kelapa dan air cucian beras adalah 1:1).

Perbandingan bahan yang sudah dihaluskan dengan air kelapa + air cucian beras adalah 1:2.

Tambahkan gula merah sedikit saja, bisa menggunakan komposisi 1/10 dari total bahan. Terkahir tambahkan starter/bioaktivator untuk mempercepat proses permentasi. Atau jika tidak ada, tidak masalah, cukup dengan bakteri dari bahan organik tersebut.

Terakhir, simpan pada wadah tertutup, dan diamkan selam 14 hari. Buka tutup wadah penyimpanan, setiap sehari sekali untuk membuang gas sisa permentasi, mulai pada hari ke 3 dan seterusnya.

Setelah 14 hari, pupuk magnesium bisa diaplikasi ke tanah dengan cara dilarutkan ke air terlebih dahulu dengan perbandingan 1:50.

Demikian cara membuat pupuk magnesium organik, jika ada yang kurang jelas, silahkan ditanyakan via kolom komentar, terimakasih, semoga bermanfaat.

Kiral

Hobi dalam dunia pertanian dan peternakan, terutama yang dilakukan secara organik. Tidak ada pendidikan formal terkait pertanian, pernah menempuh pendidikan di jurusan teknik komputer. Menjadi web designer di Sasambo Design, dan sebagai penggagas berdirinya Lombok Organik