Membuat POC sendiri dari limbah dapur sangat mudah sekali, dan tentunya akan sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan unsur hara tanaman yang ada disekitar rumah.

Pupuk organik cair yang dihasilkan dari sisa makanan dan sampah dapur lainnya memiliki kualitas yang tidak kalah dengan pupuk organik cair yang ada dipasaran. Selain menghasilkan sayur dan buah organik yang sehat untuk dikonsumsi oleh keluarga, kita juga telah ikut mengurangi sampah rumah tangga, dan tentunya secara otomatis bisa menghemat pengeluaran kita.

Selain pupuk cair, dari limbah dapur kita juga bisa menghasilkan pupuk organik padat, sehingga tidak hanya sekala rumahan, dari pupuk cair dan padat dari limbah rumbah tangga ini kita bisa pergunakan untuk memupuk tanaman yang ada di kebun atau sawah.

Tulisan Terkait

Alat dan Bahan

Berikut beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat POC sendiri dari limbah dapur. Pada tulisan ini kita akan membuat pupuk organik cair sebanyak 1 liter saja.

  • Limbah dapur seperti sisa nasi, ikan, sayur-sayuran, air cucian beras, dan lain sebagainya, total semua bahan 500gram
  • Air Kelapa 500ml
  • 3 tutup botol molase, atau bisa diganti dengan gula pasir, atau Gula merah 30-50gram
  • EM4, MOL atau bisa juga diganti menggunakan yakult. EM4 bisa didapatkan di toko pertanian dengan harga berkisar 20-30ribu perbotol isi 1 liter.
  • Botol air mineral ukuran besar.

Jika limbah dapur anda melimpah dan anda ingin membuat dengan sekala yang lebih banyak, takaran bahannya bisa disesuaikan.

Jika ada bahan-bahan lain seperti lidah buaya, daun kelor, buah pace atau mengkudu, anda bisa tambahkan ke dalam pupuk organik cair yang Anda buat untuk menambah kualitas pupuk yang dihasilkan. Mungkin anda juga memiliki cadangan susu di kulkas, anda bisa tambah satu atau dua sendok saja ke dalam pupuk.

Kepala ikan laut maupun air tawar, atau kepala dan kulit udang, sangat bagus sekali menjadi campuran pupuk organik cair, karena biasanya memiliki kandungan unsur N dan unsur penting lainnya bagi tanaman yang cukup tinggi.

Cara Membuat POC Sendiri

Pertama, Haluskan semua bahan menggunakan blander, atau dengan cara ditumbuk. Bisa juga dengan hanya memotong bahan-bahan tersebut menjadi potongan-potongan kecil. Tapi saya sarankan menggunakan blander, karena semakin halus semakin bagus juga pupuk organik yang dihasilkan.

Kedua, Setelah semua bahan halus, encerkan gula merah menggunakan air panas, airnya jangan terlalu banyak, sedikit saja. Selanjutnya campurkan kedalam limbah dapur yang sudah dihaluskan, campurkan juga air kelapa. Aduk sampai rata.

Ketiga, masukkan EM4, MOL atau yakult (pilih mana yang tersedia) sebagai bakteri pengurai bahan-bahan organik. Aduk kembali sampai tercampur rata.

Keempat, simpan semua bahan yang sudah tercampur ke dalam botol air mineral ukuran besar. Simpan ditempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari secara langsung selama 14 hari sebelum digunakan.

Buka tutup botol setiap hari untuk membuang gas sisa permentasi. Pastikan anda melakukan ini, karena jika tidak, botol penyimpanan bisa pecah karena tekanan gas.

Jika penjelasan di atas, dirasa masih kurang jelas, berikut tutorial video dari kanal youtube lombok organik, bagi yang belum subscribe jangan lupa untuk disubscribe, dapatkan upate terbaru seputar pertanian dan peternakan secara organik.

Video cara membuat poc sendiri dari limbah dapur. Channel youtube lombok organik

Aplikasi Pada Tanaman

Setelah 14 hari, anda bisa pisahkan ampas dari POC tersebut menggunakan alat penyaring, atau bisa juga menggunakan kain bekas. Cairan disimpan pada wadah yang tertutup rapat sebagai pupuk organik cair yang bisa bertahan selama bertahun-tahun, sementara bagian ampas bisa kita campurkan pada media tanam.

Untuk aplikasi pada tanaman, perbandingan yang biasa digunakan 1:40 (1 gelas POC berbandingkan 40 gelas air) untuk tanaman muda dan jenis sayur-sayuran. Untuk tanaman buah, atau tanaman yang sudah tua takaran bisa menggunakan perbandingan 1:20

Komposisi ini bisa berubah-rubah sesuai lokasi dan jenis pupuk yang dibuat, jangan takut untuk melakukan percobaan untuk mendapatkan komposisi terbaik untuk tanaman anda.

Lakukan pemupukan setiap 3 hari sekali, atau jika mau lebih aman bisa Anda aplikasikan seminggu 1 kali saja.

Itu dia cara membuat pupuk organik cair sendiri dari limbah dapur, jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk meninggalkan pesan anda pada kolom komentar. Wassalam

Kiral

Hobi dalam dunia pertanian dan peternakan, terutama yang dilakukan secara organik. Tidak ada pendidikan formal terkait pertanian, pernah menempuh pendidikan di jurusan teknik komputer. Menjadi web designer di Sasambo Design, dan sebagai penggagas berdirinya Lombok Organik