Penggunaan bahan kimia dalam industri pertanian, perkebunan, dan perikanan, hampir tidak bisa lagi dihindarkan, bahkan kebutuhannya terus meningkat dari tahun ke tahun.

Lombok organik, dengan segala keterbatasan yang dimiliki terus berusaha mengkampanyekan bentuk pertanian yang lebih ramah lingkungan, pertanian dengan biaya yang jauh lebih murah tapi dengan hasil yang sama, bahkan bisa melebihi hasil pertanian konvensional.

Pada tulisan sebelumnya, kami pernah membahas bagaimana membuat pupuk organik cair.

Formula pupuk ini terus dikembangkan, dan Alhamdulillah sekarang kami telah menemukan seorang mentor yang luar biasa dalam bidang pertanian organik, yang sudah keliling indonesia berbagi bukti dan mengedikusi para petani, agar para petani indonesia bisa mandiri, mandiri pupuk, pestisida, dan mandiri dalam pembenihan.

Ikuti akun facebook beliau, Cak Harry Abdussalam

Kembali ke tema tulisan, jika kita berbicara tentang pertanian, setelah media tanam sudah dipersiapkan dengan baik, menggunakan bibit unggul dan ketersediaan pupuk yang cukup, ada satu hal lain yang bisa sangat mempengaruhi keberhasilan dari pertanian organik, yakni faktor exkternal berupa serangan hama penyakit,(virus, serangga, bakteri dan lain sebagainya).

Membuat Pestisida Alami

Untuk mengatasi permasalahan ini, kita bisa menangkalnya dengan membuat pestisida alami dari bahan-bahan organik yang bisa kita temukan disekitar kita.

Cara membuat pestisida alami atau biasa juga disebut dengan pestisida nabati, pernah kami dokumentasikan dalam bentuk video, bisa ditonton di Kanal Youtube Lombok Organik.

Alat dan Bahan

  • Rumput Bandotan 100g
  • Bunga Pagoda 100g
  • MOL 50ml
  • Air 800ml
  • Botol Air Mineral Ukuran Besar
  • Air Perasan Tembakau 100ml

Cara Pembuatan

  • Pertama, haluskan Rumput bandotan dan bunga pagoda dengan cara ditumbuk atau di blender.
  • Setelah halus, masukkan bahan tersebut kedalam botol yang sudah terisi air 800ml.
  • Masukkan juga MOL, selanjutnya bahan di kocok agar tercampur merata.
  • Diamkan selama 1x24 jam agar terjadi proses permentasi.

Cara Penggunaan

200ml pestisida nabati dicampur dengan 200ml air perasan tembakau dicampur dengan air 10-15 liter. Semprotkan ketanaman yang terserang hama.

Setelah kami meggunakan beberapa kali, pestisida alami ini terbukti ampuh mengusir berbagai jenis hama pada tanaman. Selamat mencoba

Demikian cara membuat pestisida alami dari bahan-bahan organik, jika ada yang ingin didiskusikan, jangan sungkan untuk meninggalkan pesan anda pada kolom komentar, atau bisa hubungi kami langsung via halaman kontak website ini. Terimakasih