Hewan ternak terutama Unggas sangat rentan sekali terserang berbagai macam penyakit, terutama waktu pergantian musim (Musim Pancaroba). Pada tulisan ini, Lombok organik akan membahas bagaimana cara membuat obat alami hewan ternak yang berfungsi sebagai vaksin tradisional untuk menjaga kesehatan hewan ternak.

Kami telah cukup lama menggunakan obat tradional hewan (OTH) pada Ayam dan terbukti bisa menurunkan tingkat kematian walaupun pada musim-musim pancaroba.

Bahan dasar pembuatan obat alami hewan ternak ini adalah Kunyit yang dipermentasi dengan bantuan air kelapa dan gula merah. Kunyit memang dikenal sebagai bahan alami yang memiliki antibiotik tertinggi. Sehingga tidak mengherankan, ada banyak sekali produk-produk obat yang berbahan dasar dari kunyit.

 

Video Cara Membuat Vaksin Tradisional Untuk Hewan Ternak

Kunjungi channel Youtube Lombok Organik untuk mendapatkan informasi terbaru seputar pertanian dan peternakan organik.

Ramuan herbal yang akan kita buat pada tulisan ini bisa diaplikasikan kepada semua jenis ternak, mulai dari unggas, sapi, kambing dan lain sebagainya. Obat alami hewan ternak ini juga bisa bertahan lama sampai satu tahun lebih karena sudah melalui proses permentasi.

Alat dan Bahan

  • Kunyit 100gr
  • Gula Merah 100gr
  • Air Kelapa 800ml
  • Botol Air Mineral Besar Bekas

Kunyit dan Gula merah dihaluskan dengan cara ditumbuk, atau diblender untuk hasil yang lebih bagus. Setelah halus, semua bahan dicampur dan dimasukkan kedalam Botol dan dikocok agar tercampur dengan rata. Simpan ramuan vaksin tradisional hewan ternak selama 14 hari sebelum digunakan.

Catatan:

PASTIKAN Anda membuka tutup botol setiap hari (1 sampai 2 hari sekali) untuk membuang gas sisa permentasi, terutama pada hari ke 2-sampai hari ke-7. Setelah gas terbuang, botol ditutup kembali, kemudian kocok obat alamai hewan ternak untuk mempercepat proses penguraian bahan organik oleh mikroorganisme lokal. Buka kembali tutup botol untuk membuang gas setelah di kocok, terakhir tutup kembali botol dan simpan ditempat semula. Jika gas didalam botol tidak terbuang, akan berakibat pecahnya botol karena tekanan gas yang luar biasa.

Pastikan juga anda menyimpannya ditempat yang tidak terkana oleh sinar matahari secara langsung, atau pada tempat yang perubahan suhunya tidak terlalu ekstrim.

Obat yang berhasil dibuat akan berbau harum seperti bau tape.

Cara Penggunaan

Obat ini bisa dicampurkan pada minuman ternak dengan takaran 2-5 tutup botol air mineral berbading 1 liter air. Untuk aplikasi pada pakan sesuaikan dengan jumlah pakan yang diberikan. Jika sudah dicampurkan pada air minum, baik jika tidak diaplikasi pada pakan, begitu juga sebaliknya.