Cara membuat jamu menambah nafsu makan hewan ternak agar pertumbuhan ternak bisa lebih cepat dan target berat badan bisa tercapai.

Di Lombok organik, kami budidaya ayam broiler full organik dan ayam kampung super. Sudah lama menggunakan racikan jamu penambah nafsu makan, dipadukan dengan racikan jamu lainnya seperti prebiotik, dan jamu untuk menjaga kesehatan ternak.

Jika nafsu makan hewan ternak bagus, maka bisa dipastikan pertumbuhan dan berat badan hewan ternak tersebut pasti lebih bagus juga.

Akan tetapi tentu ini tidak cukup, nafsu makan yang baik, tapi kesehatan saluran cerna hewan ternak tidak baik, maka pertumbuhan dan penambahan berat badan menjadi tidak maksimal.

Bahkan karena faktor ini, biaya pakan bisa membengkak, sementara target tidak tercapai.

Untuk menjaga kesehatan organ pencernaan hewan ternak, Anda bisa berikan prebiotik dari Bakteri asam laktat (BAL). Cara membuat BAL ini pernah kami bahas pada tulisan sebelumnya, Cara membuat prebiotik bakteri asam laktat.

Selain membuat jamu menambah nafsu makan hewan ternak, ada alternatif lain atau lebih bagus lagi aplikasinya dipadukan, yakni dengan memberikan daun pepaya sebagai pakan tambahan.

Saya tidak tahu pasti, apakah semua hewan suka dengan daun pepaya, tapi kalau ayam, pasti suka dan sangat lahap.

Daun pepaya segar langsung diberikan, bisa dengan digantungkan agar tidak diinjak-injak oleh ayam.

Atau bisa juga daun pepaya direbus terlebih dahulu, airnya bisa dicampurkan ke pakan ayam (jika menggunakan pakan basah).

Cara ini cukup efektif untuk menjaga kesehatan usus sekaligus meningkatkan nafsu makan hewan ternak.

Cara Membuat Jamu Hewan Ternak

Untuk budidaya ayam sekala besar, mungkin Anda butuh berkebun-kebun daun pepaya, dan hewan ternak yang lain belum tentu suka.

Untuk itu, kita perlu buatkan ramuan jamu khusus yang bisa kita aplikasikan pada minuman, atau dicampur pada pakan untuk semua jenis hewan ternak yang kita miliki.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan.

  1. Temu Lawak
  2. Air Kelapa
  3. Gula Merah

Temu Lawak sudah lama dikenal sebagai herbal untuk menambah nafsu makan. Tanaman ini juga telah terbukti secara ilmiah sebagai obat untuk segala masalah pencernaan.

Air kelapa juga terbukti mampu mangatasi berbgai masalah pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Akan tetapi penggunaan bahan air kelapa dan gula merah lebih ditujukan untuk membantu dalam proses permentasi temu lawaknya.

Proses Pembuatan.

Pada pembuatan jamu menambah nafsu makan hewan ternak ini, akan dibuat dengan menggunakan air kelapa sebanyak 800ml.

Sementara kebutuhan untuk Temu lawak, kita menggunakan perbandingan 1:10. Satu bagian untuk temu lawak, dan 10 bagian untuk air kelapanya. Tamabahkan gula merah sebanyak 50gram.

Haluskan temu lawak dan gula merah. Caranya blender gula merah dan Temu lawak bersamaan.

Supaya lebih mudah diblender, masukkan air kelapa secukupnya agar pisau blender tidak seret.

Setelah halus, campurkan dengan air kelapa, kemudian masukkan kedalam wadah penyimpnanan.

Dengan jumlah bahan seperti ini, Anda bisa menggunakan botol air mineral ukuran besar (1.5L), dan masih tersisa ruang udara.

Jika menggunakan wadah yang lain, pastikan tersisa ruang udara, karena bahan ini akan dipermentasi dan akan mengeluarkan gas yang cukup banyak selama prosesnya.

Tutup rapat botol air mineral, dan simpan selama 7-14 hari.

Pastikan setiap hari Anda membuka tutup botol untuk membuang gas sisa permentasi, terutama pada minggu pertama.

Jika menginginkan hasil jamu yang lebih bagus, gunakan media penyimpanan dari botol kaca, atau plastik tapi dari bahan yang standar untuk menyimpan makanan.

Cara Penggunaan.

Dilarutkan kedalam air, gunakan perbandingan 1:500. Aplikasi bisa bersamaan dengan nutrisi yang lain seperti prebiotik dan jamu-jamu sehat ternak yang lain.

Kami pernah mencoba memberikan setiap kali mengisikan air minum hewan ternak, tapi lebih baik pemberian menggunakan jeda, misalkan diberikan jarak 2 kali isi ulang air minum, atau Anda bisa bereksperimen dan amati perkembangan hewan ternak Anda. selamat mencoba.

Kiral

Hobi dalam dunia pertanian dan peternakan, terutama yang dilakukan secara organik. Tidak ada pendidikan formal terkait pertanian, pernah menempuh pendidikan di jurusan teknik komputer. Menjadi web designer di Sasambo Design, dan sebagai penggagas berdirinya Lombok Organik