Cara cepat membuat bakter Fotosintesis atau yang biasa dikenal dengan bakteri PSB, 2 hari sudah mulai berubah warna menjadi merah, tanpa dicampur dengan biang PSB yang sudah jadi.

Pada umumnya proses pembuatan bakteri merah ini memakan waktu yang cukup lama yakni 2-4 minggu. Akan tetapi dengan menggunakan cara berikut ini, ternyata proses perubahan warna media pembiakan bakteri hanya dalam 2 hari saja.

Tapi sebelumnya, mungkin ada yang belum mengenal apa itu bakteri PSB atau bakteri Fotosintesis.

Bakteri PSB atau yang disebut juga bakteri merah, merupakan kelas mikroorganisme yang memiliki kemampuan unik mengubah energi cahaya menjadi energi kimia yang selanjutnya bisa dimanfaatkan oleh tumbuhan.

Bakteri ini mengandung senyawa yang dikenal sebagai bacteriochlorophyll yang memiliki kemampuan sama seperti klorofil pada tanaman dan memungkinkan untuk melakukan proses fotosintesis.

Bakteri ini bagus diaplikasikan pada kolam ikan dan tanaman untuk meningkatkan jumlah dan kualitas produksi.

Membiakkan bakteri ini sangat mudah sekali, dan bahan yang dibutuhkan juga bisa didapatkan dari dapur Anda.

Alat & Bahan Pembuatan PSB

Berikut adalah beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakteri fotosintesis.

  • Telur Ayam 1 butir. Bagus menggunakan telur bebek atau telur ayam kampung. Jika tidak ada, tidak masalah menggunakan telur ayam ras. Selain telur ayam, kami juga pernah mencoba membuat bakteri PSB menggunakan telur keong, dan berhasil dalam waktu kurang dari 2 minggu. Mungkin Anda bisa mencoba menggunakan telur hewan lainnya.
  • Fetsin (penyedap rasa) satu sendok makan. Penyedap rasa yang digunakan adalah merk ajinomoto, atau bisa juga penyedap rasa sejenis lainnya yang ada di dapur Anda.
  • Air Kolam 3 liter. Hindari menggunakan air PAM, air PAM mengandung klorin yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Jika kesulitan mendapatkan selain air PAM, Anda bisa mentralkan klorin pada air PAM terlebih dahulu, caranya pernah saya bahas pada tulisan berikut, 5 Cara menghilangkan kaporit pada Air PAM.
  • Botol Penyimpanan, bekas kemasan air mineral ukuran 1.5 liter 3 buah, atau media penyimpanan transparan lainnya.
  • Media untuk mencampur Telur dan Fetsin (piring atau mangkuk), dan sendok makan sebagai alat untuk mengaduk. Atau jika ada, bisa juga menggunakan mixer atau blender agar lebih cepat tercampur.

Penggunaan air kolam adalah kunci yang menentukan cepatnya proses pembiakan bakteri merah ini. Kami pernah membuat bakteri PSB dengan menggunakan beberapa cara dan perlakuan, dan penggunakan air kolam paling cepat berhasil.

Tapi tidak semua air kolam, karena ada beberapa yang menggunakan air kolam tapi baru mulai merah setelah 2-3 minggu.

Kami menggunakan air kolam ikan mujair, air kolam ini pernah beberapa kali kami masukkan ampas POC (pupuk organik cair) sebagai pakan ikannya.

Beberapa bulan sebelumnya, kami juga pernah menuangkan bakteri merah pada kolam tersebut.

Cara Pembuatan Bakteri Fotosintesis

Langkah pertama, campurkan telur dengan fetsin, kemudian diaduk sampai benar-benar tercampur dengan rata.

Selanjutnya, isikan air kolam kedalam botol penyimpanan, masing-masing botol diisi 1 liter air. Kemudian masukkan telur yang sudah tercampur dengan fetsin kedalam 3 botol tersebut, usahakan masing-masing botol mendapatkan bagian yang sama.

Setelah semua botol terisi, tutup botol dan kocok air didalam botol agar air dan telurnya bisa tercampur dengan rata.

Air akan berubah warna menjadi putih. Langkah selanjutnya, simpan botol ditempat yang terkena oleh sinar matahari secara langsung.

Setiap satu kali dalam sehari, usahakan untuk mengocok air didalam botol, terutama menjelang siang hari.

Bakteri berhasil dibiakkan, jika cairan berubah warna menjadi merah.

Bakteri fotosintesis siap diaplikasikan ketanaman jika warna airnya sudah berwarna merah pekat.

Video Cara Cepat Membuat Bakteri Fotosintesis

Cara cepat membuat bakteri fotosintesis, Video dari channel youtube lombok organik

Aplikasi ke Tanaman.

Aplikasi ke tanaman bisa dengan cara dikocor atau disemprotkan ke daun dan batang tanaman. Aplikasi sebaiknya pada siang hari, saat tanaman sedang melakukan proses fotosintetsis.

Takaran yang digunakan, 10-15 mililiter bakteri PSB dicampurkan dengan 2 liter air bersih non klorin.

Aplikasi 5 sampai 7 hari sekali.

Demikian pembahasan tentang cara cepat membuat bakteri fotosintesis, jika ada yang masih kurang jelas, silahkan tanyakan via kolom komentar postingan ini, terimakash, salam organik, Lombok Organik.

Kiral

Hobi dalam dunia pertanian dan peternakan, terutama yang dilakukan secara organik. Tidak ada pendidikan formal terkait pertanian, pernah menempuh pendidikan di jurusan teknik komputer. Menjadi web designer di Sasambo Design, dan sebagai penggagas berdirinya Lombok Organik