Cara alami mengatasi hama kutu hitam pada tanaman kacang panjang, atau tanaman lainnya dengan memanfaatkan predator dari hama tersebut.

Hama kutu hitam pada tanaman kacang panjang memang sangat merepotkan. Tanaman yang sudah dihinggapi hama ini, pertumbuhannya akan terganggu, karena hama ini menyerang bagian pucuk dari kacang panjang.

Hama ini memang bisa diatasi dengan menggunakan pestisida nabati yang diaplikasikan secara rutin sampai kutu hitamnya pergi, cara membuatnya pernah saya bahas pada tulisan sebelumnya.

Cara Membuat Pestisida Nabati, Ampuh membasmi hama tanaman.

Cara lain mengatasi hama ini adalah dengan memanfaatkan predatornya, apa predator dari kutu hitam?

Predator dari kutu hitam adalah semut hitam.

Sebenarnya ada dua jenis semut hitam yang biasa ditanaman kacang panjang, semut hitam yang tubuhnya lebih ramping adalah semut yang membawa telur dari kutu hitam, ini adalah hama. Sementara semut hitam yang lebih besar, akan menghalau semut hama tersebut dan memakan telur dari kutu hitam.

Ada juga semut merah, semut ini termasuk hama pada tanaman panjang, karena ikut membawa/melindungi telur dari kutu hitam.

Biasanya kalau sudah ada semut merah, solusi terbaiknya adalah dengan menggunakan pestisida, karena semut hitam biasanya kalah dengan semut merah tersebut.

Cara Mendapatkan Koloni Semut Hitam

Jika terdapat koloni semut hitam disekitar tanaman kacang panjang Anda, cukup bentangkan tali atau kayu di sekitar koloni semut hitam tersebut, maka semut hitam akan hinggap ditanaman kacang panjang dan menjadi penjaga tanaman sehingga terhindar dari hama.

Bagaimana jika tidak ada koloni semut hitam disekitar tanaman kita?

Anda bisa berburu koloni semut hitam. Sangat mudah didapatkan, rata-rata disetiap pohon ada semut hitamnya. Semut ini biasanya membangun sarang pada bagian daun tanaman.

Potong dahan tanaman yang didaunnya terdapat sarang/koloni semut hitam, kemudian pindahkan ke sekitar tanaman kacang panjang Anda.

Gantungkan pada kayu tempat tanaman kacang panjang mejalar. Cari sarang semut hitam lainnya, semakin banyak semkain cepat hama kutu hitam meninggalkan tanaman Anda.

Berikut adalah video proses pemindahan koloni semut hitam ke tanaman kacang panjang. Video ini tidak sempat saya update, tapi sekarang, tanaman kacang panjang tersebut sudah terbebas dari hama kutu hitam.

Jika sudah ada semut hitam pada tanaman kacang panjang, atau tanaman lainnya yang Anda budidayakan, hindari menggunakan pestisida pada tanaman tersebut, agar semut hitamnya tidak mati dan pergi.

Demikia, cara alami mengatasi hama kutu hitam, jika ada yang perldu didiskusikan, jangan sungkan untuk meninggalkan pesan Anda pada kolom komentar, terimakasih, salam organik, lombok organik.

Kiral

Hobi dalam dunia pertanian dan peternakan, terutama yang dilakukan secara organik. Tidak ada pendidikan formal terkait pertanian, pernah menempuh pendidikan di jurusan teknik komputer. Menjadi web designer di Sasambo Design, dan sebagai penggagas berdirinya Lombok Organik