Budidaya lebah trigona (lebah tanpa sengat) jauh lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan budidaya lebah jenis lainnya.

3 Poin Utama Mengapa Budidaya lebah madu ini lebih mudah.

  • Lebah ini tidak memiliki sengat, sehingga tidak berbahaya ketika melakukan panen madu dan memindahkan koloni. Sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan seorang pemula.
  • Proses Pembuatan Stup/Sarang yang sederhana
  • Sumber Makanan Yang Sudah tersedia banyak di Alam.

Beberapa jenis koloni lebah trigona terkadang memang menggigit, tapi dengan gigitan yang tidak terlalu sakit, barangkali lebih sakit gigitan semut.

Pembuatan Stup Lebah

Lombok organik biasanya membuat 2 jenis stup lebah madu trigona.

Pertama stup sederhana dari papan kayu setebal 2 cm. Dirangkai menjadi bentuk kotak persegi atau persegi panjang dengan ukuran panjang 30 cm, lebar 15 cm dan tinggi 10 cm.

Dibuatkan lubang masuk sebesar jari telunjuk, dan terakhir dibuatkan tutup.

Stup lebah ini biasanya kami tempatkan pada rak bertingkat dengan jumlah stup 20-50 setiap raknya.

Jenis stup kedua adalah stup yang kami tempatkan secara terpisah. Stup ini kami berikan toping tempat lebah madu trigona menyimpan madu. Biasanya terdiri dari 2 sampai 3 tingkat.

Stup ini sudah memiliki tiang setinggi 1.3 meter dari atas tanah dan atap untuk melindungi stup dari hujan.

Untuk lebih detailnya, kami akan posting dalam bentuk video pada channel Youtube lombok Organik

Sumber Makanan Lebah Trigona

Lebah klanceng lebih mudah dikembangkan juga karena ketersediaan sumber makanan yang melimpah bagi lebah.

Apalagi bagi yang hidup di daerah pedesaan, hampir tidak perlu menyiapkan sumber makanan bagi lebah karena sudah tersedia di alam.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis tanaman sebagai sumber makanan bagi lebah, jurnal ilmiah dari UGM. Tanaman Sumber Makanan Lebah

Pemindahan Koloni Lebah Trigona

Untuk Budidaya lebah trigona, Anda dituntut bisa memindah koloni dari tempat satu ketempat lainnya.

Biasanya ini kita lakukan ketika mendapatkan koloni lebih dari tempat umum yang biasanya digunakan klanceng sebagai tempat bersarang, seperti bambu, kayu dan tempat-tempat lainnya.

Selain memindah koloni, Anda juga harus bisa memecah koloni, jika sudah terdapat telur ratu dalam sebuah koloni yang kita budidayakan.

Jika koloni terlambat kita pecah, ada dua kemungkinan, pertama ratu baru akan mati, atau sebagian koloni akan pindah ketempat lain yang tidak kita harapkan.

Cara memindah koloni lebah madu trigona ini perlu kita bahas lebih detail pada postingan yang lain.

Bagi Anda yang tertarik budidaya lebah madu trigona dan dan belum memiliki Koloni lebah, hubungi kami sekarang melalui halaman kontak.

Itu dia beberapa point penting yang perlu diketahui bagi siapa saya yang ingin memulai budidaya lebah trigona. Jika ada yang ingin ditanyakan. Jangan sungkan untuk meninngalkan pesan dan pertanyaan di kolom komentar untuk kita diskusikan. Terimakasih