Budidaya ayam broiler organik di Lombok organik tanpa menggunakan vitamin, obat, dan hormon pertumbuhan berbahan kimia sintetis, yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Kebutuhan akan daging ayam, baik olahan maupun daging segar, dari hari ke hari semakin tinggi. Dan cara yang paling cepat untuk menjawab kebutuhan tersebut adalah dengan menggunakan obat, vitamin dan hormon pertumbuhan agar usia panen ayam bisa lebih cepat.

Akan tetapi, penggunaan obat-obatan berbahan kimia sintetis tersebut ternyata sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.

Tubuh manusia memang bisa membuang racun secara otomatis, tapi jika racun yang masuk terus menerus, mulai dari makanan, berbagai jenis minuman, polusi udara, bahkan radiasi yang tak terkendali, tubuh tentu akan sampai pada batasnya.

Kejadian baru-baru ini, beberapa jenis nutrisi yang diberikan kepada Ayam Broiler (ayam potong) akhirnya dicabut izinnya oleh BPOM, karena banyaknya laporan, dan setelah dikaji ulang, ternyata memang tidak baik untuk kesehatan manusia.

Budidaya ayam broiler secara organik, apakah bisa mengejar target berat, dan target masa panen?

Banyak peternak, baik yang kami kenal secara langsung atau tidak langsung (contoh seperti dari sosial media) yang telah membuktikan, kami juga sudah membuktikannya sendiri, bahwa ternak ayam potong secara organik bisa mengejar tarket berat dan waktu panen, bahkan ada yang bisa melampaui target tersebut.

Kelebihan Budidaya Ayam Broiler Secara Organik

Budidaya Ayam Broiler Organik
Ayam Potong Organik
  • Petani Bisa Mandiri. Dengan menggunakan cara organik, berarti peternak ayam pedaging tidak terikat oleh Perusahaan. Karena biasanya, para peternak konvensional sudah teken kerjasama dengan perusahaan yang menyediakan, bibit, pakan dan obat-obatan untuk ayam broiler.
  • Kualitas daging dan Rasa Jauh Lebih bagus. Ayam yang diberikan pakan organik memiliki tekstur daging yang lebih bagus dan rasa yang jauh lebih enak dari ayam yang diberikan obat-obatan kimia.
  • Harga Jual Bisa Lebih Mahal. Branding makanan organik saat ini sudah mulai banyak dikenal. Hasil pertanian dan peternakan organik pasti dijual lebih mahal di pasaran.
  • Kotoran Ayam Tidak Terlalu Bau. Kotoran ayam broiler organik baunya tidak terlalu menyengat, sehingga walaupun kita budidaya disekitarnya banyak rumah, tidak akan mengakibatkan polusi bau.
  • Ayam Lebih kebal terhadap penyakit. Angka kematian rata-rata ayam yang dibudidayakan secara organik lebih kecil, apalagi jika diberikan ramuan jamu, untuk menambah kekebalan tubuh ayam terhadap perubahan cuaca dan serangan penyakit.

Kendala dan Kekurangan

  • Bagi yang baru memulai budidaya ayam broiler organik, akan kesulitan ketika hendak memasarkan ayam setelah waktu panen tiba. Apalagi yang belum punya kontrak kerjasama, tentu akan merasa kesulitan diawal pemasaran.
  • Dibutuhkan keuletan dan kerja yang lebih keras, karena harus membuat pakan, obat, jamu, asam amino, prebiotik dan nutrisi lainnya untuk ayam.
  • Tetap melakukan percobaan untuk kombinasi pakan, serta nutrisi yang tepat
  • Pada beberapa daerah, terkadang ketersediaan bibit ayam broiler terbatas, kalaupun ada biasanya bukan bibit super

Video budidaya ayam broiler organik. Subscribe Channel Youtube Lombok Organik

Pakan Alternatif Ayam Broiler

Di Lombok Organik, kami memberikan pakan dari pabrik yang dipermentasi ulang sampai umur sekitar 20 hari, atau sampai target berat yang diharapkan.

Supaya biaya pakan bisa lebih murah sampai habis panen, kami menggunakan pakan alternatif dari permentasi bahan-bahan seperti bekatul, ampas tahu, beberapa jenis tumbuhan tinggi protein dan sedikit konsentrat.

Untuk nutrisi tambahan, kami berikan asam amino untuk mengejar target berat, prebiotik untuk menjaga kesehatan ayam, dan beberapa ramuan tambahan lain yang dibutuhkan.

Pengalaman Budidaya Ayam Pedaging Organik.

Awal mencoba beternak ayam broiler secara organik, pada 2 minggu pertama, kami dihadapkan masalah serius yaitu serangan penyakit cekrek pada ayam.

Setelah diselidiki ternyata disebabkan oleh sirkulasi udara yang kurang bagus pada kandang ayam.

Kami tidak putus asa, dan mencari solusi obat herbal organik untuk mengatsi penyakit ini. Penyakit cekrek ini membuat nafsu makan ayam menjadi berkurang, bahkan jika tidak ditangani, ayam bisa lemas dan mati.

Setelah mendapatkan ramuan obat herbal yang cocok, kami aplikasikan dan Alhamdulillah, ayam bisa selamat, dan sampai panen, angka kematian zero.

Waktu panen tiba, dan kami dihadapkan pada kendala lainnya, yakni masalah pemasaran dan harga ayam broiler yang sedang terjun bebas, kalah bersaing dengan daging impor.

Kami baru memulai, modal seadanya, mitra belum terbangun, terpaksa ayam dijual dengan harga pasaran, padahal kami berharap bisa menjual dengan harga yang lebih baik.

Bagi Anda yang tinggal di Lombok atau luar daerah yang ingin membutuhkan ayam pedaging organik, bisa menghubungi kami sekarang.

Demikian, semoga postingan budidaya ayam broiler organik ini bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar, atau bisa juga menghubungi kami pada halam kontak website lombok organik, terima kasih.