Selain sebagai obat herbal yang kaya akan manfaat, buah mengkudu atau yang biasa dikenal juga dengan Pace ternyata bisa dijadikan Pupuk Organik cair yang memiliki kandungan unsur hara yang lengkap.

Unsur N P K merupakan unsur hara tanaman yang dibutuhkan dalam jumlah yang besar (unsur makro primer) agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Buah mengkudu/Pace memiliki kandungan N P K yang cukup besar yakni N 3.64 P 0.25 dan K 4.01

Selain itu, pada buah pace juga terdapat mineral penting seperti Kalsium, Magnesium, Besi dan Seng.

Beberapa penelitian yang kami baca mengenai pengaruh pemberian pupuk organik cair buah mengkudu bagi tanaman mendapatkan hasil yang signifikan bagi kesuburan tanaman.

Mengkudu selain sebagai bahan pembuatan pupuk organik cair, ternyata juga bisa berfungsi sekaligus sebagai pestisida alami.

Alkaloid, akcubin, alizarin, glikosida, fenol, senyama fenolik dan asam ursulat, merupakan suatu zat aktif yang terdapat pada buah mengkudu yang bersifat antimikrobia, antibakteri dan antiinflamasi.

Kandungan buah pace ini terbukti efektif menghalau hama tikus dan mengurangi nafsu makan ulat pada daun, sehingga tanaman bisa tumbuh lebih sehat dan terhindar dari hama.

Membuat Pupuk Organik Cair Buah Mengkudu

Buah mengkudu sebagai pupuk organik cair memang memiliki kandungan unsur hara makro yang lengkap, tapi kami saranakn untuk mencampurnya dengan bahan-bahan yang lain. Pembuatan pupuk organik cair bisa Anda lihat pada postingan berikut ini. Pupuk Organik Cair Unsur Hara Maktro lengkap.

Sementara untuk pupuk organik cair khusus buah pace, caranya siapkan 1 Kg buah Pace yang sudah matang, jika belum matang, didiamkan terlebih dahulu sampai matang.

Buah pace yang sudah matang diremas-remas sampai terlihat seperti bubur, kemudian dicampur dengan 1 liter Air cucian Beras dan 1 liter Air Kelapa muda yang sudah agak tua.

Masukkan satu tutup botol EM4 dan 2-5 Tutup botol Molase (Air tetes tebu). Molase bisa diganti dengan cairan gula pasir atau gula merah 1 gelas. EM4 dan Molase bisa didapatkan di toko pertanian dengan harga berkisar Rp. 20.000,- perbotol (1liter) untuk EM4 dan Rp.17.000,- untuk molase 1.5liter.

Simpan pada wadah yang tertutup (kedap udara) selama 14 hari agar proses permentasi berlangsung.

Setiap satu hari sekali tutup wadah penyimpanan dibuka, agar wadah penyimpanan tidak pecah karena tekanan gas sisa permentasi.

Setelah 14 Hari pupuk organik cair dari buah mengkudu sudah siap digunakan. Ciri pupuk organik yang berhasil adalah pupuk memiliki bau tape has mengkudu (bau tidak busuk)

Untuk aplikasi, takarannya 1:40 (1 Gelas pupuk organik berbading 40 gelas air). Pemupukan bisa dengan disemprotkan langsung atau dikocor. Lakukan pemupukan selang 3 hari sekali

Itu dia postingan buah mengkudu sebagai pupuk organik cair, jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk meninggalkan pesan anda pada kolom komentar dibawah, atau bisa juga menghubungi kami langsung via halaman kontak, sekian Wassalamualaikum wr. wb

Salam Lombok Organik