Berburu Klanceng di hutan, terutama daerah hutan yang banyak ditumbuhi bambu adalah lokasi di mana koloni Klanceng atau lebah Trigona bisa ditemukan.

Di bambu seperti apa lebah trigona biasanya membangun sarang bagi koloninya?

Bambu yang tumbuh tidak sempurna, baik yang terbelah atau patah karena angin atau faktor alam lainnya, bambu yang banyak memiliki lubang yang menembus rongga Bambu. Lubang ini biasanya disebabkan karena serangga yang menyerang anakan bambu (rebung) sejak masih kecil. Di Bambu-bambu seperti inilah biasanya menjadi sarang koloni klanceng.

Lebah trigona biasanya selalu memilih Bambu yang sudah agak tua, jarang sekali kami menemukan klanceng membangun sarang pada Bambu yang masih muda, walaupun pada bambu tersebut banyak lubang yang menembus rongga bambu.

Ada banyak sekali bambu yang memiliki lubang, bagaimana kita tahu bawah pada lubang tersebut terdapat lebah trigona?

Klanceng memiliki ciri khas yaitu, adanya propolis berbentuk corong pada jalan keluar masuk menuju sarang lebah, ini berfungsi sebagai gerbang, dan menjebak predator yang ingin memasuki sarang, walaupun pada beberapa jenis lebah trigona tidak panjang, hanya menumpuk sedikit saja, akan tetapi tetap terlihat jelas dan sangat mudah dibedakan.

Pada bambu terkadang ada lubang kecil disetiap ruasnya, dari bawah sampai bagian atas, Anda perlu perhatikan lebih detail untuk dapat menemukannya. Kendala yang lain saat berburu klanceng di hutan bambu adalah, sifat dari bambu yang tumbuh merumpun dan berjejal. Jika lebah trigona membangun sarang pada bambu yang letaknya dibagian tengah rumpun bambu, akan sangat sulit sekali mendapatkan koloni lebah tersebut.

Berikut adalah dokumentasi video berburu klanceng di hutan bambu bersama tim Lombok Organik.

Silahkan subscribe Channel Youtube Kami untuk mendapatkan video terbaru seputar pertanian dan peternakan organik, dan banyak lagi tips-tips seru lainnya.

Persiapan dan Perlengkapan

Untuk perlengkapan berburu sebenarnya standar saja, cukup berbekal golok, kapak kecil, gergaji, dan minimal satu teman untuk membantu. Yang perlu menjadi perhatian adalah kesiapan kita setelah mendapatkan koloni lebahnya.

Kita ketahui, hutan adalah sumber makanan terlengkap bagi semua jenis hewan termasuk lebah, di hutan ada banyak sekali sumber nektar, polen, getah tanaman, dan berbagai macam kebutuhan lebah trigona lainnya.

Ketika kita memindahkan lebah tersebut dari habitatnya, kita tentu perlu menyiapkan sumber makanan alternatif bagi lebah tersebut. Karena lebah trigona mencari makanan jaraknya tidak lebih dari 300m. Selain menyiapkan vegetasi yang lengkap, ada beberapa hal lainnya yang juga perlu dipersiapkan sejak awal yaitu.

Itulah sedikit penjelasan tentang berburu klanceng di hutan bambu dan beberapa hal penting terkait dengan lebah trigona. Jika ada yang ingin ditanyakan terkait lebah trigona, jangan sungkan untuk meninggalkan pesan Anda pada kolom komentar. Terimakasih