Ayam potong organik usia 20 hari berat mencapai 1.1kg, kapasitas kandang 50 ekor, total 100 ekor, dibagi kedalam dua kandang yang berbeda, pertama kandang dengan lantai tanah, kedua kandang dengan lantai panggung.

Ayam mencapai berat 1kg ini adalah ayam yang dipelihara pada kandang dengan lantai tanah. Lantai kandang dilapisi dengan skam padi, penerangan menggunakan 2 lampu 75 watt.

Hingga usia 20 hari kematian ayam potong masih nol, pada kedua kandang, dan ayam masih terlihat sehat dan makan dengan lahap.

Pakan yang diberikan adalah pelet. Pada usia 1-20 hari menggunakan pelet di bawah standar, tapi setelah 20 hari diberikan pakan standar yang biasa diberikan pada ayam broiler.

Vaksin Organik

Pada periode sebelumnya, kami juga pernah memelihara ayam potong, pertumbuhan di awal minggu pertama cukup baik, tapi karena siklus udara kandang yang tidak bagus, ayam terkena penyakit cekrek.

Walaupun penyakit ini bisa diatasi, tapi sangat berpengaruh kepada pertumbuhan berat badan ayam, karena selera makan ayam tersebut turun drastis.

Penyakit cekrek ini juga sangat cepat menyebar, karena menular melalui udara.

Berikut tulisan tentang ayam yang kami pelihara pada periode sebelumnya. Budidaya ayam broiler organik.

Untuk mengatasi penyakit ini, kami menggunakan campuran rempah-rempah untuk memperkuat ketahanan tubuh ayam terhadap penyakit, dan untuk menjaga tubuh ayam tetap hangat.

Pembuatan vaksin dari rempah-rempah ini juga bisa menghemat penggunaan listrik atau sumberdaya lainnya untuk menjaga suhu kandang.

Karena jika tubuh ayam sudah hangat dari dalam, maka penghangat dari luar bisa dikurangi.

Kami menyertakan temu lawak pada campuran rempah-rempah ini, agar nafsu makan ayam tetap baik.

Pemberian vaksin sejak awal, cukup efektif untuk mencegah penyakit cekrek dan penyakit lainnya yang rentan sekali menyerang ayam potong.

Asam Amino dan POC

Mencampur asam amino dan POC kedalam air minum ayam potong

Selain mecampurkan rempah-rempah yang sudah dipermentasi kedalam air minum ayam potong, kami juga menambahkan asam amino dan POC (pupuk organik cair) yang bisa berfungsi sebagai prebiotik.

Asam amino yang kami berikan adalah yang kami buat menggunakan metode knf, caranya bisa Anda lihat di sini, Membuat asam amino untuk tanaman dan hewan ternak.

Pemberian asam amino mulai kami kurangi sejak umur di atas 15 hari, karena kami curiga pemberian asam amino mempercepat pertumbuhan bulu ayam.

Pertumbuhan bula pada ayam bisa memperlambat pertumbuhan berat badan ayam.

POC yang kami campurkan pada minuman ayam adalah POC dari resep miliknya bengkel bumi, kami tambahkan beberapa bahan lain, tapi aktivator tetap menggunakan miliknya bengkel bumi.

Kami terus melakukan berbagai macam percobaan untuk mendapatkan hasil terbaik, termasuk instalasi kandang.

Kekurangan, Hambatan dan Penyakit.

Kekurangan terdapat pada penggunaan kandang dengan lantai tanah. Kaki ayam menjadi pecah, walaupun baru satu ayam yang mengalami, tapi setelah kami buka diskusi di forum-forum, ini memang merupakan salah satu kelemahan menggunakan kandang ayam dengan lantai tanah.

Sebagian mengatakan pecah pada kaki ayam potong disebabkan oleh kotoran ayam.

Tapi kami beranggapan, ini disebabkan oleh skam padi. Karena jangankan ayam, kita saja kalau menginjak skam padi ada rasa tidak nyaman karena keras dan tajam.

Terlebih lagi, kotoran ayam potong organik tidak berbau menyegat, dan sangat cepat kering.

Mungkin kedepannya kami akan coba menggunakan bekas serutan kayu sebagai pengganti skam padi.

Pada musim kemarau, udara sangat panas, atap kandang yang tidak terlalu tinggi sangat berpengaruh terhadap suhu udara di kandang ayam.

Siklus udara harus benar-benar diperhatikan, jika kandang terlalu panas, pastikan udara bisa keluar masuk dengan mudah.

Kekurangan atau hambatan lainnya adalah masalah pemasaran setelah usia panen tiba. Karena ayam potong organik seharusnya memiliki pangsa pasar yang berbeda dengan ayam potong biasanya.

Demikian informasi singkat tentang ayam potong organik yang kami kembangkan, semoga bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan lebih jauh, silahkan kontak kami via halaman kontak atau kolom komentar pada postingan ini. Terimakasih

Kiral

Hobi dalam dunia pertanian dan peternakan, terutama yang dilakukan secara organik. Tidak ada pendidikan formal terkait pertanian, pernah menempuh pendidikan di jurusan teknik komputer. Menjadi web designer di Sasambo Design, dan sebagai penggagas berdirinya Lombok Organik