Air Laut Sebagai Pupuk Organik, mengandung hampir semua unsur hara yang dibutuhkan tanaman, baik makro maupun unsur hara mikro.

Memang tidak semua air laut bisa dimanfaatkan sebagai pupuk, air laut pada lokasi tertentu, terutama yang dekat dengan pemukiman penduduk, memiliki kandungan mineral berbahaya lebih tinggi dibandingan unsur hara dan mineral baik yang kita butuhkan.

Pantai yang berhadapan dengan samudra, bersih dari sampah anorganik dan jauh dari pemukimanan penduduk, air lautnya bisa digunakan untuk memupuk tanaman.

Di Lombok Organik, saya sering menggunakan air laut sebagai salah satu bahan untuk membuat pupuk, salah satunya pada tulisan berikut ini Membuat Nutrisi Hidroponik Pengganti ABmix Dari Pupuk Organik Cair air lau merupakan salah satu bahan utamanya.

Kandungan Unsur Hara Pada Air Laut

air laut sebagai pupuk organik kandungan unsur hara
Tabel kandungan unsur hara tanaman pada air laut

Pada tabel di atas, bisa Anda perhatikan, semua unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman baik makro maupun mikro terdapat pada air laut.

Menggunakan air laut Sebagai Pupuk Organik

Hal penting yang harus diperhatikan saat mengambil air laut dari pantai, yakni air laut yang diambil usahakan air laut yang ada dipesisir pantai, ambil air laut dikedalaman satu sampai dua inci dari permukaan.

Simpan air laut di dalam wadah kaca atau plastik yang tidak mudah terkorosi, tutup rapat dan tidak terkena oleh sinar mathari secara langsung. Akan tetapi sebelum disimpan (Ketika baru pertama diambil dari laut), sebaiknya air laut ditempatkan dalam wadah terbuka selama 24 jam.

Untuk pemupukan menggunakan air laut, larutkan air laut ke dalam air dengan perbandingan 1:30

Pemupukan bisa dengan cara dikocor langsung ke media tanam, atau disemprotkan ke batang dan daun tanaman. Baik diberikan pada pagi hari atau sore hari.

Pemberian pupuk air laut idealnya satu kali dalam satu bulan

Air laut juga bisa dicampurkan pada saat pembuatan pupuk organik cair untuk meransang pertumbuhan microorganisme yang dapat membantu melawan berbagai jenis penyakit pada tanah dan tanaman.

Garam Grosok Sebagai Pengganti Air Laut?

Bagi Anda yang lokasi tempat tinggal jauh dari laut, bisa memanfaatkan garam grosok sebagai pengganti air laut, karena tentunya memiliki kandungan yang sama dengan air laut.

Lebih jelasnya, bisa anda lihat pada video berikut ini.

Demikian semoga dengan mengetahui Air Laut Sebagai Pupuk Organik, bisa membantu para petani untuk menghasilkan pangan yang lebih sehat dengan biaya produksi yang jauh lebih murah. Salam Organik

Kiral

Hobi dalam dunia pertanian dan peternakan, terutama yang dilakukan secara organik. Tidak ada pendidikan formal terkait pertanian, pernah menempuh pendidikan di jurusan teknik komputer. Menjadi web designer di Sasambo Design, dan sebagai penggagas berdirinya Lombok Organik