Manfaat daun mint bagi kesehatan. Daun mint merupakan herbal yang bisa digunakan langsung (daun mint segar), atau dikeringkan terlebih dahulu. Minyak daun mint juga digunakan pada produk pasta gigi, permen, dan beberapa jenis produk kecantikan.

Mint memang mengandung cukup banyak nutrisi. Dalam 1/3 cangkir atau setengah ons (14 gram) mint mengandung:

  • Kalori: 6
  • Serat: 1 gram
  • Vitamin A: 12%
  • Besi: 9%
  • Mangan: 8%
  • Folat: 4%

Mint juga merupakan salah satu jenis tanaman dengan kandungan Antioksidan paling tinggi dibandingkan jenis tanaman yang lain. Sehingga mint dipercaya memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kesehatan.

Berikut adalah 5 manfaat daun mint bagi kesehatan.

1. Mengatasi Alergi

Tanaman mint mengandung antioksidan dan zat antiinflamasi yang disebut asam rosmarinic. Zat Ini telah dipelajari untuk efektivitasnya dalam meredakan gejala alergi.

2. Mengatasi gangguan saluran pencernaan.

Ganguan saluran pencernaan sering ditandai dengan sakit perut, gas, kembung dan perubahan kebiasaan buang air besar.

Meskipun pengobatan untuk untuk ganggguan bisa diatasi dengan perubahan pola makan dan minum obat, penelitian menunjukkan bahwa, minyak peppermint bisa digunakan untuk mengatasi gangguan ini.

Minyak peppermint mengandung senyawa yang disebut mentol, yang dianggap membantu meringankan gejala ini melalui efek relaksasi pada otot-otot saluran pencernaan.

Satu studi menemukan bahwa 75% pasien yang menggunakan minyak peppermint selama empat minggu menunjukkan perbaikan dalam gejala gangguan ini.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Selain dengan cara dimakan atau diminum, ada penelitian lain menunjukkan, menghirup aroma minyak esensial dari tanaman ini, bisa memberikan manfaat kesehatan, termasuk peningkatan fungsi otak.

Salah satu studi yang melibatkan 144 orang dewasa menunjukkan bahwa, mencium aroma minyak peppermint selama lima menit sebelum pengujian menghasilkan peningkatan memori yang signifikan

Beli bibit Daun mint yang ditanam secara organik. Jual Bibit Daun Mint

4. Mengatasi luka pada Kulit dan Masalah pada Mulut

Ketika minyak papermint dioleskan ke bagian kulit yang terkena gigitan serangga, ruam atau gangguan lainnya, mint memiliki efek menenangkan dan meringankan rasa sakit.

Sementara untuk sesehatan mulut, Mint adalah agen anti-mikroba alami dan penyegar napas.

5. Mengatasi Radang Lambung

Dalam sebuah penelitian pada hewan, mentol ditemukan untuk membantu melindungi lapisan perut dari efek negatif indometasin dan etanol, memberikannya peran potensial dalam mencegah radang lambung terkait dengan konsumsi alkohol dan penggunaan obat penghilang rasa sakit.

Itu dia 5 manfaat daun mint bagi kesehatan, sebenarnya masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari daun mint. Mari hidup sehat dengan ramuan herbal, dan lebih sehat lagi jika ditanam menggunakan cara organik.

Kiral

Hobi dalam dunia pertanian dan peternakan, terutama yang dilakukan secara organik. Tidak ada pendidikan formal terkait pertanian, pernah menempuh pendidikan di jurusan teknik komputer. Menjadi web designer di Sasambo Design, dan sebagai penggagas berdirinya Lombok Organik