5 Cara menghilangkan kaporit air PAM, tips bagi para petani organik yang tidak memiliki sumber air lain.

Klorin atau kaporit pada air PAM, sebenarnya merupakan salah satu unsur hara mikro yang dibutuhkan oleh tanaman, walaupun dalam jumlah yang sedikit.

Saya sudah lama menyiram tanaman saya menggunakan air PAM, akan tetapi tanaman saya tetap tumbuh dengan normal dan sehat.

Lalu kenapa saya harus menghilangkan kaporit air PAM?

Bukankah air PAM lebih steril karena klorin berperan sebagai oksidator dan disinfektan yang bisa membunuh bakteri, kuman, dan virus yang ada di dalam air.

Untuk menjawab ini, pada tulisan sebelumnya saya pernah membahas sedikit tentang penggunaan air PAM untuk menyiram tanaman Apakah menyiram tanaman menggunakan air PAM aman?

Mungkin sebagian Anda yang membaca tulisan ini adalah Anda yang memelihara ikan hias, bukan seorang petani, walaupun sebenarnya tulisan ini ditujukan untuk petani, khusunya yang bertani secara organik. Tapi semoga tulisan ini juga bisa menjawab pertanyaan Anda semua.

Dalam pertanian organik, sebagian besar pupuk yang digunakan menyertakan bakteri dan mikroba aktif, dalam bentuk pupuk cair maupun padat.

Tujuan penggunaan mikroorganisme pada pupuk organik adalah untuk membantu mengembalikan kondisi biologi tanah kedalam kondisi semula, yang selama ini sudah rusak karena penggunaan pestisida, herbisida, dan pupuk kimia.

Jika kondisi tanah sudah kembali kedalam keadaan seharusnya, maka penggunaan pupuk akan bisa dipangkas, karena aktivitas bakteri, dan mikrorganisme di dalam tanah, menghasilkan unsur hara dan berbagai hormon tumbuh yang sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dengan subur.

Disinilah letak masalahnya, ketika Anda hendak melakukan pemupukan, Anda harus melarutkan pupuk kedalam air.

Jika Anda menggunakan air yang di dalamnya terdapat klorin, maka mikroorganisme dan bakteri baik yang ada di dalam pupuk terseubt akan ikut mati.

Itulah sebabnya, kenapa para praktisi pertanian organik, selalu menekankan penggunakan air sumur atau air sungai yang bebas klorin dalam pembuatn pupuk organik.

Video Cara Menghilangkan Kaporit air PAM.

Video dari channel lombok organik, cara menetralkan klorin pada air PAM

Cara Menghilangkan Kaporit Air PAM

5 Cara menghilangkan kaporit air pam ini sebenarnya sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan, bahkan tanpa biaya tambahan sedikitpun.

1. Mengedapkan air selama 24 jam minimal.

Air yang mengandung klorin disimpan di dalam wadah, kemudian didiamkan selama sehari semalam. Agar klorin lebih cepat menguap, Anda bisa menjemur air tersebut dalam terik matahari.

2. Menggunakan aerator.

Cara kedua ini bisa lebih cepat untuk menetralkan klorin dalam air PAM. Hanya butuh waktu 1-2 jam setelah diberikan aerasi, air PAM sudah siap digunakan. Kelebihan menggunakan cara ini adalah, kadar oksigen terlarut di dalam air menjadi lebih tinggi.

Dan semakin tinggi kadar oksigen di dalam air, makan tanaman akan tumbuh semakin baik, juga bisa membantu membunuh patogen dan jamur yang ada di dalam tanah.

Mesin aerator bisa Anda dapatkan di toko ikan hias, dengan harga mulai dari Rp.20ribuan

3. Menggunakan Anti Klorin.

Cara ini paling cepat dan cukup mudah, cukup tuangkan cairan atau kristal anti klorin pada air PAM, tunggu 10-15 menit, air sudah bisa digunakan. Anti klorin juga banyak dijual di toko ikan hias, kisaran harga 5-10ribuan.

4. Menggunakan daun Ketapang.

Ternyata daun Ketapang bisa membantu menetralkan klorin di dalam air PAM. Keringkan daun ketapang, selanjutnya masukkan daun ketapang yang sudah kering ke dalam air PAM, tunggu 12-24 jam, air Ketapang sudah bisa digunakan.

Air biasanya akan berubah warna menjadi kuning pekat. Ph air akan turun ke posisi normal 5-7. Sebagian petani ada yang memberikan testimoni, penggunaan daun ketapang bisa menyuburkan tanaman.

5. Menggunankan alat khusus filtar air PAM.

Alat ini efektif untuk menyaring klorin dan zat-zat lainnya dari air PAM, sehingga air bisa lebih bersih dan sehat. Alat ini banyak dijual di toko-toko terdekat di kota Anda, atau bisa juga memesan olnine via tokopedia atau buka lapak.

Demikian 5 cara menghilangkan kaporit air PAM, semoga bermanfaat, jika ada yang kurang jelas, atau ada hal lain yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk meninggalkan pesan Anda pada kolom komentar. Terimakasih, salam organik.