Anda bisa memperbanyak tanaman strawberry dari Biji, akan tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama, berikut ada 2 cara cepat memperbanyak tanaman strawberry.

Strawberry merupakan tanaman yang biasa ditanaman di daerah dingin (dataran tinggi), walaupun sebenarnya pada daerah panas, tanaman ini juga bisa tumbuh dan berbuah dengan baik.

Tanaman ini tergolong sangat mudah tumbuh, dan cepat berbuah. Strawberry juga jarang terserang oleh hama, Anda bisa menanam strawberry pada media pot atau polybag.

Mungkin Anda tertarik membaca : Aneka Tips Bertani secara Organik.

Menanam stroberi dari biji memang sangat mudah sekali dilakukan, tapi Anda membutuhkan waktu setidaknya 70-90 hari sampai tanaman benar-benar siap dipindahkan dari media semaian.

Dengan menggunakan 2 Cara Berikut ini, 2 sampai 4 minggu, tanaman strawberry sudah bisa tumbuh dengan baik.

Memperbanyak Tanaman Strawberry dari Sulur

Cara memperbanyak tanaman strawberry dari sulur
Memperbanyak tanaman stroberi dari sulur.

Ketika Strawbeery masih dalam masa vegetatif (Masa pertumbuhan batang dan daun), biasanya dari sela pelepah daun akan tumbuh sulur.

Pada ujung sulur akan tumbuh anakan strawberry. Sulur bisa tumbuh sampai 30 cm.

Anakan strawberry pada ujung sulurnya tersebut bisa Anda tanam/benamkan ke tanah. Dalam beberapa hari saja, akan tumbuh akar, dan perkembangan duan pada anakan strawberry tersebut semakin cepat.

Setelah akar tumbuh pada anakan strawberry tersebut, biasanya akan tumbuh sulur baru dari pelepah daun anakn strawberry. Lakukan hal yang sama, maka dalam waktu singkat, anda sudah bisa mendapatkan 3-5 anakn strawberry.

Setelah akar dirasa sudah tumbuh cukup baik, anda bisa memotong sulur dari indukan Strawbeery.

Begitu seterusnya, jika anakan Strawberry dari sulur ke-2 sudah terlihat tumbuh bagus, Anda bisa memotong sulur dari anakan strawberry yang pertama.

Perbanyak Stroberi Dari Anakan

cara memperbanyak tanaman strawberry dari anakan
Anakan strowberry tumbuh dari batang induk, siap dipisahkan ke media tanam yang baru

Jika tidak ada sulur yang tumbuh, biasanya ada anakn strawberry yang tumbuh disekitar rumpun batang utama.

Anda bisa memisahkan anakan strawberry tersebut menggunakan pisau, selanjutnya pindahkan anakan tersebut ke media tanam yang baru.

Cara ini juga tergolong cepat dan efektif untuk memperbanyak strawberry, dan tentunya bibit yang dipindah tersebut bisa lebih cepat berbuah.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah video dari channel youtube lombok organik, 2 cara memperbanyak tanaman strawberry.

Demikian tadi 2 cara perbanyak tanaman stroberi, jika ada yang kurang jelas atau ada hal lain yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk meninggalkan pesan Anda pada kolom komentar, terimakasih.

Kiral

Hobi dalam dunia pertanian dan peternakan, terutama yang dilakukan secara organik. Tidak ada pendidikan formal terkait pertanian, pernah menempuh pendidikan di jurusan teknik komputer. Menjadi web designer di Sasambo Design, dan sebagai penggagas berdirinya Lombok Organik