Kalium atau biasa disebut juga dengan potasium, merupakan salah satu mineral dan elektrolit penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Pada kondisi normal, tubuh memerlukan asupan 4.700mg (miligram) kalium setiap harinya. Akan tetapi, sedikit sekali orang yang bisa memenuhi kebutuhan Kalium tersebut.

Sekitar 98% kalium di dalam tubuh Anda, ditemukan dalam sel-sel. Dari jumlah ini, 80% ditemukan dalam sel otot, dan 20% lainnya dapat ditemukan dalam tulang, hati, dan sel darah merah.

Potasium juga sangat penting untuk menjaga kinerja dari sistem saraf Anda. Dengan asupan kalium yang cukup, maka kinerja sistem saraf dalam menyampiakan pesan-pesan dalam bentuk impuls saraf guna membantu mengatur kontraksi otot, detak jantung, refleks, dan banyak fungsi tubuh lainnya bisa berjalan dengan baik.

Manfaat lain dari kalium bagi tubuh adalah membantu menurunkan tekanan darah, mencegah strok, mencegah osteoporosis, mencegah batu ginjal dan beberapa manfaat penting lainnya.

Apa saja Makanan Sumber Kalium?

Setelah mengetahui total asupan kalium yang dibutuhkan tubuh tiap harinya, dan fungsi kalium bagi kesehatan tubuh, sekarang Anda harus memulai menyediakan sumber makanan yang memiliki kandungan kalium yang cukup setiap harinya

1. Air Kelapa

Anda mungkin sudah mengetahui ragam manfaat air kelapa bagi kesehatan. Minuman alami penghilang dahaga ini ternyata memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Dari 240ml air kelapa, mengandung 600mg kalium atau 13% dari kebutuhan kalium harian.

2. Ubi jalar:

Satu buah ubi jalar ukuran sedang, mengandung setidaknya 541mg atau memenuhi 12% dari kebutuhan kalium harian. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat ini sering digunakan sebagai makanan alternatif menggantikan kentang. Mengandung protein, serat dan vitamin A.

3. Kentang.

Sama seperti ubi jalar, ternyata kentang juga merupakan makanan sumber kalium yang cukup tinggi. Satu buah kentang berat 136g mengandung 515mg potasium, memenuhi 11% dari kebutuhan kalium harian.

Bahkan suatu penelitian mengatakan bahwa, kentang merupakan sumber kalium utama, satu buah kentang bakar ukuran kecil mengandung 738mg kalium, atau sekitar 20% dari kebutuhan kalium Anda.

4. Alpukat

Dari 100gram alpukat mengandung 478mg kalium, atau memenuhi 10% dari kebutuhan kalium harian.

Jika anda memakan satu buah alpukat, anda mendapatkan kalium paling tidak sekitar 20% kebutuhan kalium harian. Selain banyak mengandung Kalium, Alpukat juga mengandung vitamin K dan Folat, juga bisa membantu menurunkan tekanan darah.

5. Semangka

Dua irisan semangka atau sekitar 572 grams mengandung 640mg kalium. Buah yang rasanya manis dan sangat segar dihidangkan ketika cuaca panas ini, juga mengadung vitamin A, Vitamin C dan kalori

6. Bayam

Bayam merupakan makanan sumber kalium yang cukup tinggi, lebih tinggi dari pada pisang pada porsi yang sama. Dari 156g Bayam, mengandung potasium 540mg potasium.

7. Pisang

Pisang merupakan salah satu sumber potassium yang sudah lama dikenal. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung 422 mg potasium. Pisang juga dikenal sebagai sumber energi instan, kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin B6, manganese, magnesium, dan kaya akan serat.

8. Yogurt

Yogurt merupakan sumber kalsium, riboflavin, dan kalium yang baik. Satu cangkir (245 gram) dari krim ini memberi Anda 11% dari kebutuhan kalium harian.

Karena yogurt adalah makanan yang difermentasi, ia juga mengandung bakteri yang mungkin bermanfaat bagi kesehatan usus. Beberapa bukti menunjukkan yogurt juga bermanfaat untuk pemeliharaan berat badan atau mengendalikan nafsu makan

9. Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang sangat kaya akan potassium.

Satu cangkir (244 gram) saus tomat mengandung 17% dari kebutuhan kalium harian. Tomat kaya akan vitamin dan mineral lain, termasuk vitamin A, C, E, B6 dan tembaga.

Terlebih lagi, tomat mengandung senyawa nabati yang bermanfaat seperti likopen, yang dapat membantu melawan peradangan dan mengurangi risiko kanker prostat.

10. Jeruk

Satu gelas jus jeruk mengandung 11% dari kebutuhan kalium harian. Jeruk juga kaya akan folat, vitamin A, tiamin dan antioksidan.

Kiral

Hobi dalam dunia pertanian dan peternakan, terutama yang dilakukan secara organik. Tidak ada pendidikan formal terkait pertanian, pernah menempuh pendidikan di jurusan teknik komputer. Menjadi web designer di Sasambo Design, dan sebagai penggagas berdirinya Lombok Organik